Pemkot Semarang Gelar Lelang Jabatan Terbuka untuk Mengisi Kekosongan Pimpinan OPD

Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengumumkan lelang jabatan terbuka untuk mengisi kekosongan Kepala OPD. (Sumber : Dok. Pemkot Semarang)

INFOSEMARANG.COM -- Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, telah mengumumkan rencananya untuk menyelenggarakan lelang jabatan terbuka guna mengisi kekosongan posisi kepala dinas pada sejumlah organisasi perangkat daerah.

Dalam pelantikan pejabat lingkup Pemerintah Kota Semarang di Balai Kota Semarang, Selasa, 2 Agustus 2023, Mbak Ita (panggilan akrab Hevearita) menyatakan bahwa saat ini terdapat banyak posisi eselon II yang kosong akibat beberapa pejabat mencapai usia pensiun.

Sebagai tindakan sementara, beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah diisi oleh pelaksana tugas, termasuk Dinas Pendidikan, Dinas Perdagangan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Perhubungan, dan Dinas Pekerjaan Umum.

Hevearita telah membentuk tim independen yang bertugas untuk melaksanakan lelang jabatan terbuka dan mengisi formasi jabatan kepala dinas yang selama ini kosong.

Dia berharap lelang tersebut akan menghasilkan individu-individu yang memiliki kompetensi, loyalitas, integritas, dan kepemimpinan yang diperlukan untuk mengemban tugas dan fungsi kepala OPD secara optimal.

Baca Juga: ALHMADULILLAH! PPPK Dapat Kenaikan Gaji Berkala dan Istimewa, Ketahui Aturan Mainnya!

"Nanti akan ada open bidding (lelang terbuka) untuk (mengisi, red.) formasi yang kosong. Sudah ada proses-proses, tahapannya ada. Kami sudah membentuk tim independen untuk mendapatkan hasil yang sesuai harapan," katanya seperti dikutip dari Antara pada Rabu, 2 Agustus 2023.

Menurut Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kota Semarang, Muhammad Khadik, setidaknya ada tujuh dinas yang jabatan kepala dinasnya masih kosong.

Proses lelang jabatan akan dilakukan melalui proses open bidding yang profesional dan independen. Kriteria yang akan diumumkan oleh panitia seleksi yang independen tersebut.

Sebelumnya, telah dilakukan pelantikan pejabat di lingkup Pemkot Semarang yang melibatkan total 349 orang, termasuk tiga orang pejabat eselon II, 91 pejabat eselon III, dan 255 orang eselon IV.

Beberapa pejabat juga mengalami rotasi, seperti Sih Rianung yang semula menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum namun dirotasi menjadi Kepala Dinas Perikanan.

Baca Juga: Video Detik-detik Mobil Grand Max Jumping Tabrak Portal, Netizen Pertanyakan Portal yang Terlalu Pendek

Selain itu, Endro P. Martanto juga dirotasi dari Kepala Dinas Perhubungan menjadi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan dr. Susi Herawati dari Direktur RSUP KRMT Wongsonegoro Semarang dirotasi menjadi Staf Ahli Wali Kota Semarang Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik.

Dengan digelarnya lelang jabatan terbuka ini, diharapkan Pemerintah Kota Semarang dapat mengisi posisi-posisi strategis dengan individu yang berkualitas dan mampu mendukung pembangunan kota secara efektif dan efisien.

Semoga lelang tersebut dapat mencari orang-orang berbakat dan berdedikasi untuk melayani masyarakat dan membawa perubahan positif bagi Kota Semarang ke depannya.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI