Waspada Kreak dan Klitih di Semarang, Ini 4 Tips agar Terhindar dari Kejahatan

Ilustrasi klitih dan begal di malam hari. Viral video memperlihatkan aksi begal di Kampung Burangkeng, Setu Bekasi, Jumat 23 Juni 2023 dini hari. (Sumber : Twitter @Paltiwest)

Agar terhindar dari aksi kejahatan dan kekerasan di jalan, terlebih pada malam hari, sebaiknya terapkan 4 tips ini agar selamat hingga tujuan.

INFOSEMARANG.COM - Marak kejahatan di jalan yang dilakukan oleh para pelaku kriminal seperti Kreak hingga pelaku begal. Jika merasa ada tanda-tanda yang tidak beres selama di perjalanan, segera lakukan 4 tips di bawah ini.

Pertama, jangan menggunakan perhiasan atau barang yang mewah dan mencolok selama di jalan. Gunakan pakaian tertutup seperti celana panjang dan jaket.

Baca Juga: 9 Tips Aman Berkendara agar Terhindar dari Begal di Jalan

Kedua, hindari jalanan sepi terutama pada malam hari. Tak masalah jika harus memilih jalan yang lebih jauh selama dirasa lebih aman dan nyaman.

Ketiga, usahakan tidak keluar sendiri pada malam hari. Karena kebanyakan aksi kejahatan terjadi pada malam hari hingga dini hari saat kondisi jalanan lengang.

Terakhir yakni, jika ada sesuatu yang mencurigakan misalnya ada orang yang mengikuti, segera pilih jalur atau jalan yang lebih ramai. Bisa juga berbelok atau menepi ke sebuah toko untuk berlindung.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI