Dituding Lakukan Pemukulan Kader PDIP, Ketua DPC Gerindra Semarang Bantah dan Sebut Rekayasa

Galuh Prakasa
Sabtu 09 September 2023, 21:42 WIB
Ilustrasi | Kemelut pemukulan kader PDIP Semarang oleh Ketua DPC Gerindra Semarang, siapa yang benar? (Sumber : Pexels/ NEOSiAM 2021)

Ilustrasi | Kemelut pemukulan kader PDIP Semarang oleh Ketua DPC Gerindra Semarang, siapa yang benar? (Sumber : Pexels/ NEOSiAM 2021)

INFOSEMARANG.COM -- Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengungkapkan insiden pemukulan terhadap kader PDIP Suparjianto oleh Ketua DPC Gerindra di Semarang, Jawa Tengah.

"Demokrasi yang tidak boleh mengedepankan suatu emosi, apalagi memaksakan kehendak. Dari hal yang sederhana, melempar handphone saja itu tidak diizinkan dalam alam demokrasi yang baik, apalagi melakukan suatu tindak kekerasan," ujar Hasto dikutip dari Antara pada Sabtu, 9 September 2023.

Hasto juga mengecam arogansi dan intimidasi dalam demokrasi, menyatakan bahwa tindakan semacam itu tidak seharusnya terjadi dalam proses demokrasi yang seharusnya damai dan adil.

Baca Juga: Indonesia Hancurkan China Taipei 9-0 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Hujan Gol Timnas U-23 Bermain Dominan Dua Babak

Kronologi Peristiwa versi PDIP

Ketua DPC PDIP Semarang, Hendrar Prihadi, menjelaskan bahwa pemukulan terjadi sekitar pukul 21.45 WIB pada Jumat, 8 September 2023.

"Tadi malam hari Jumat jam 21.45 WIB ada kawan kami Pak Suparjianto warga Jalan Cumi-cumi, Kelurahan Bandarharjo, Semarang Utara, yang didatangi ketua DPC Gerindra. Kemudian tanpa babibu Ketua Gerindra yang juga anggota DPRD, Kota Semarang itu memukul kader kami," kata Hendrar.

Hendrar menyebut Hasto meminta kader PDIP meredam emosi kader-kadernya dan melaporkan insiden tersebut kepada pihak kepolisian.

Insiden ini juga sudah dilaporkan kepada Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang Wuryanto, alias Bambang Pacul, hingga Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

Hasto memerintahkan agar situasi di Semarang tetap tenang tanpa konflik keras antara kedua partai tersebut.

Baca Juga: Viral Kawin Tangkap di NTT, Kemen PPPA Tegas Sebut Hal Tersebut Bukan Adat Tetapi Kekerasan Terhadap Perempuan

Hendrar menyatakan akan melaporkan insiden ini kepada pihak berwenang. Menurutnya, alasan pemukulan tersebut terkait dengan pemasangan bendera PDIP di sekitar tempat tinggal Ketua Gerindra.

"Alasan (pemukulan) nya karena kader kami memasang bendera di sekitar perkampungan yang di situ tinggal Pak Ketua Gerindra," ujarnya.

Tanggapan Ketua DPC Gerindra Kota Semarang

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Semarang, Joko Santoso, membantah melakukan pemukulan terhadap kader PDI Perjuangan.

Ia menjelaskan bahwa pada Jumat, 8 September 2023, malam sekitar pukul 21.30, ia hanya datang ke rumah Suparjianto, yang kebetulan merupakan salah satu kader PDI Perjuangan, untuk menanyakan mengenai pemasangan bendera di Gang Garuda, tempat tinggal Joko.

Kedatangannya bertujuan untuk mengklarifikasi mengapa pemasangan bendera partai hanya dilakukan di RT 03 RW 04 Kelurahan Bandarharjo, yang kebetulan merupakan tempat tinggalnya.

Baca Juga: Bareskrim Bekukan 144 Rekening dan Buku Tanah Terkait Panji Gumilang, Selidiki Dugaan TPPU dan Korupsi Dana BOS

Joko menegaskan bahwa tidak ada pemukulan yang terjadi, dan kejadian tersebut juga terpantau oleh beberapa warga dan kamera CCTV di sekitar lokasi.

Sementara itu, Ketua Tim Advokasi DPC Gerindra Kota Semarang, Wahyu Puji Widodo, telah membentuk tim investigasi dan advokasi untuk mengklarifikasi kasus ini.

"Terkait luka atau bengkak Saudara Suparjianto yang patut diduga terjadi rekayasa, dan menyebarkan berita atau informasi tidak benar," katanya.

Wahyu menyatakan telah meminta keterangan langsung dari Joko dan warga sekitar memastikan tidak terjadi pemukulan kepada Suparjianto.

Mereka berkomitmen untuk mengambil langkah hukum yang diperlukan untuk memastikan kebenaran peristiwa ini dan menindaklanjuti laporan yang telah muncul.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Umum05 Oktober 2024, 12:45 WIB

Kesiapan Venue Ajang Peparnas XVII di Solo Dicek Kesiapannya, Besok Dibuka Presiden

Pembukaan resmi Peparnas XVII akan digelar di Stadion Manahan Solo, Minggu, 6 Oktober 2024.


Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengecek kesiapan akhir venue  Perparnas XVII Solo.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 21:01 WIB

Pemkot Semarang Buka Seleksi 2.654 Formasi PPPK

Dalam keputusan tersebut, alokasi formasi sebanyak 2.654 posisi disediakan untuk mengisi jabatan fungsional dan jabatan pelaksana di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.
Pemkot Semarang menetapkan PPPK untuk Tahun Anggaran 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 20:57 WIB

“Symphony Lawang Sewu 2024" Hadirkan Kla Project dan Ruth Sahanaya

Symphony Lawang Sewu ini menjadi selebrasi pertunjukan musik baru di kota Semarang bagi kalangan usia menengah keatas dalam bernostalgia.
Jumpa pers Symphony Lawang Sewu 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Pendidikan04 Oktober 2024, 11:54 WIB

Jawab Tantangan Limbah Mikroplastik, Dosen FTP SCU Semarang Raih Penghargaan di Forum Ilmuan Internasional

IUFoST sendiri merupakan organisasi beranggotakan negara-negara yang memiliki asosiasi profesi ahli teknologi pangan.
Dosen FTP SCU Semarang Dyah Wulandari, Ph.D. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis04 Oktober 2024, 11:40 WIB

Ikapesta Kembali Gelar Wedding Expo 2024 di PRPP Semarang, Catat Tanggalnya

Wedding expo terbesar di Kota Semarang ini akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut pada Kamis 11 Oktober 2024 hingga Minggu 13 Oktober 2024.


Panitia penyelenggara Ikapesta di depan pintu gerbang PRPP Semarang, sebagai tempat penyelenggaraan acara.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Umum03 Oktober 2024, 17:25 WIB

Nana Sudjana Ajak Mahasiswa Berpartisipasi Aktif dalam Pilkada 2024

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meminta kepada para mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam perhelatan Pilkada serentak 2024.
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana  saat menjadi keynote speech pada acara Seminar Kebangsaan di Undip. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:16 WIB

Keren, Kota Semarang Berhasil Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional

Kota Semarang kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK).

Kota Semarang meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata. (Sumber:  | Foto: dok)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:12 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.
Semarang Raya03 Oktober 2024, 16:33 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.  (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis03 Oktober 2024, 07:01 WIB

Paramount Land Gelar Pameran di Ajang ‘Amazing Gading Serpong’ Property Expo 2024, Hadirkan Beragam Promo Menarik

Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’ pada 2-7 Oktober 2024 di West Atrium Living World Alam Sutera, Tangerang.
Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’. (Sumber:  | Foto: Sakti)