Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Kendal tapi Tak Berasa? Ini Penjelasannya

Gempa berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang Kendal, Jawa Tengah, pada Rabu 13 September 2023 siang. (Sumber : Twitter @infoBMKG)

Gempa berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang Kendal, Jawa Tengah, pada Rabu 13 September 2023 siang namun warga sekitar mengaku tidak merasakannya.

INFOSEMARANG.COM - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 4,9 mengguncang wilayah Kendal Jawa Tengah pada Rabu 13 September 2023 siang sekitar pukul 12.34 WIB.

Dikutip dari informasi BMKG, gempa ini berasal dari perairan barat laut Kendal dengan jarak 67 kilometer. Gempa berasal dari kedalaman 603 kilometer di bawah permukaan laut.

Kenapa getaran gempa bumi tidak terasa?

Terdapat sejumlah jenis gempa berdasarkan sumber-sumbernya jika gempa tersebut merupakan gempa tektonik yang berasal dari perairan.

Ada gempa palung luar yang memiliki kedalaman 0 hingga tebalkan kerak samudra. Lalu gempa dangkal dengan kedalaman 0-70 kilometer dan gempa menengah dengan kedalaman 70-300 kilometer.

Terakhir yakni gempa dalam dengan kedalaman lebih dari 300 kilometer. Semakin dalam sumber gempa, maka akan semakin tidak terasa getarannya.

Oleh sebab itu, gempa dari perairan Kendal ini tidak terlalu berasa getarannya bagi sebagian orang karena jarak kedalamannya yang lebih dari 600 kilometer.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI