Mendaki Sendirian Secara Ilegal, WNA Spanyol Alami Hipotermia di Gunung Merapi, Boyolali

Ilustrasi | Pendaki asal Spanyol terserang Hipotermia di Gunung Merapi, Boyolali. (Sumber : Instagram/BPPTKG)

INFOSEMARANG.COM -- Seorang pendaki warga negara asing (WNA) asal Spanyol mengalami hipotermia selama pendakiannya di Gunung Merapi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Beruntung dia selamat dan berhasil dievakuasi pada Kamis, 14 September 2023 oleh Tim Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) Selo.

Pendaki asal Spanyol tersebut, yang bernama Jacinto Cornejo Enise Del Carmen, telah dievakuasi dari Gunung Merapi dan menjalani pemeriksaan oleh tim gabungan.

Baca Juga: Daftar Pemain Terpilih Timnas U-24 Indonesia Asian Games 2022

Pendakian Ilegal

Pada pukul 12.00 WIB, pendaki wanita asal Spanyol ini berhasil dievakuasi dengan sukses, dan tim gabungan yang terdiri dari BASARNAS, TRC BPBD, BTNGM, TNI, dan Polri membawanya ke Kantor BTNGM Selo Boyolali.

Namun, penting untuk dicatat bahwa pendaki asal Spanyol ini dianggap sebagai pendaki ilegal oleh petugas BTNGM.

Hal ini disebabkan karena dia tidak memiliki izin resmi saat melakukan pendakian.

Selain itu, terungkap bahwa pendaki asal Spanyol ini juga tidak mematuhi larangan pendakian Gunung Merapi. Saat ini, Gunung Merapi masih berada dalam status level tiga waspada.

Menurut Kepala Sub Bagian Tata Usaha TNGM Yogyakarta, Ahmadi, pendaki ini telah melakukan pelanggaran serius.

Baca Juga: Jadwal Perempat Final Hong Kong Open 2023, Tersisa 7 Wakil Indonesia yang Akan Tanding

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas, pendaki asal Spanyol ini diminta untuk membuat surat pernyataan bahwa dia tidak akan melakukan pendakian kembali ke Gunung Merapi.

"Kami meminta dia untuk membuat surat pernyataan yang isinya tidak mengulangi pendakian kembali ke Gunung Merapi," ujarnya.

Pencarian dan Evakuasi

Proses evakuasi pendaki wanita asal Spanyol ini berlangsung ketika dia sedang dalam perjalanan turun dari Gunung Merapi. Petugas menemukannya sekitar 1,5 kilometer dari Pos News Selo Boyolali.

Saat perjalanan turun, pendaki ini telah menghubungi pihak asuransi atau TIM SAR sebelumnya. Tim penyelamat juga memantau pergerakannya melalui CCTV di Pasar Bubrah.

Baca Juga: CATAT! Begini Cara Buat Surat Keterangan Bebas Narkoba, Dokumen Wajib Daftar CPNS Kejaksaan

Setelah kontak terjalin, pendaki ini diarahkan untuk segera turun dari Gunung Merapi.

Dalam perjalanannya menuju Gunung Merapi, wanita asal Spanyol ini menggunakan sepeda motor jenis metic dengan plat nomor Yogyakarta.

Dia melakukan pendakian tersebut seorang diri, tanpa didampingi oleh rekan pendaki lainnya.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI