Program Perdu Semerbak, Inisiatif Pemerintah Kota Semarang Jaga Ketahanan Pangan

Peluncuran program Perdu Semerbak. (Sumber : Pemkot Semarang)

INFOSEMARANG.COM -- Pemerintah Kota Semarang, bersama Bank Jateng, PLN, Indonesia Power, dan Bank Indonesia, memulai program Perkampungan Pertanian Terpadu Semarang Seribu Polybag, Ayam, dan Kelinci (Perdu Semerbak) di Tambaklorok, Kelurahan Tanjungmas pada Senin, 25 September 2023.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, menyatakan bahwa Perdu Semerbak adalah bagian dari upaya Pemerintah Kota Semarang dalam menjaga ketahanan pangan sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo.

Presiden Jokowi telah memerintahkan kepada kepala daerah untuk mengendalikan inflasi, terutama pada beberapa bahan pokok yang cenderung naik menjelang momen tertentu seperti Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru, serta sebagai dampak dari fenomena El Nino.

Baca Juga: Kemenparekraf Sebut Kerugian Bromo Akibat Kebakaran Capai Rp 89,7 Miliar

Program Perdu Semerbak digagas dengan melibatkan pihak CSR, dengan tiga daerah menjadi pilot project. Di daerah pesisir, percobaan dilakukan di Tambaklorok, Kelurahan Tanjungmas.

Sementara itu, di dataran rendah, pemerintah membuat pilot project di Rejosari, Semarang Timur. Di daerah dataran tinggi, Kelurahan Karangmalang, Kecamatan Mijen, menjadi contoh.

Mbak Ita, sapaan akrab wali kota, menjelaskan pemilihan Tambaklorok, Kelurahan Tanjungmas, karena masyarakatnya kompak dan mampu merawat tanaman dengan baik.

Polybag sudah mulai diserahkan. Program ini tidak hanya untuk kepentingan pemerintah, melainkan juga untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat, yang diharapkan dapat mengendalikan inflasi.

Kota Semarang telah dinominasikan sebagai kota besar dengan inflasi rendah dan mendapatkan penghargaan penjualan bahan pokok yang murah.

Baca Juga: Lulusan Pertanian Menangis Lihat Lesti Kejora Jadi Duta Petani Milenial: Miris Banget

Mbak Ita menekankan pentingnya menanam dan mengembangkan program ini, sehingga dalam tiga bulan, hasilnya sudah dapat dinikmati sebelum Natal.

Dengan adanya polybag, masyarakat tidak perlu berbelanja, bahkan bisa menjual produknya di warung setempat.

Mbak Ita berharap program Perdu Semerbak akan membawa kesejahteraan bagi Kota Semarang, dengan kerja sama antara Pemerintah Kota Semarang dan masyarakat untuk meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI