Proyek Pelebaran Jalan Veteran Semarang Ditargetkan Rampung Awal Desember 2023

Pelebaran Jalan Veteran Semarang ditarget rampung awal Desember 2023. (Sumber : Pemkot Semarang)

INFOSEMARANG.COM -- Pemerintah Kota Semarang berkomitmen meningkatkan kinerja jalan dengan pelebaran ruas Jalan Veteran.

Pelebaran ini menggunakan sistem betonisasi dan terfokus pada sisi kiri, arah Mapolda di Jalan Pahlawan.

Pekerjaan sepanjang 100 meter ini dimulai dari simpang tiga Kyai Saleh hingga Mapolda dengan penambahan lebar jalan sebesar 2 meter.

Baca Juga: VIRAL Perempuan Teriak Minta Tolong dan Dipaksa Masuk Mobil, Pemilik Kendaraan Diamankan dan Dimintai Keterangan

Menurut Danang Kurniawan, Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Semarang, penambahan kapasitas jalan diharapkan akan mengoptimalkan kelancaran arus lalu lintas di kawasan yang sering padat.

Proyek pelebaran ini didasarkan pada hasil kajian Lalu Lintas Harian (LHR) di dua lajur sepanjang Jalan Veteran.

Proyek pelebaran jalan yang dimulai oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) pada tahun 2022 ini diharapkan akan selesai pada awal Desember mendatang.

Selain pelebaran, proyek ini juga meliputi peningkatan saluran air dan pembuatan jalur pejalan kaki.

Pada tahun 2022, proses pembangunan dimulai dengan pembebasan lahan warga yang terkena dampak proyek pelebaran.

Baca Juga: Tidak Perlu ke Samsat Lagi! Begini Cara Perpanjang STNK Lewat Aplikasi Secara Online

Dalam rangka memastikan kelancaran lalu lintas di Jalan Veteran yang baru dilebarkan, Dinas Perhubungan akan melakukan penertiban terhadap parkir yang mengganggu.

“Jika diperlukan dan ditemukan adanya parkir yang mengganggu lalu lintas, akan dilakukan pelarangan, pemasangan rambu hingga pemberian sanksi bagi pengguna jalan yang melanggar,” kata Danang.

Selain pelebaran jalan, proyek ini juga mencakup perbaikan grill saluran yang akan menangkap aliran air dari arah Taman Siranda.

Arief, Pejabat Pembuat Komitmen DPU, menjelaskan bahwa grill yang ada telah mengalami beberapa kerusakan dan perlu diganti dengan grill pabrikan yang lebih tahan lama.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI