Unissula Semarang Tawarkan Gratis Kuliah bagi Penghafal Al-Qur'an, Hafal 5 Juz Diterima

Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang memberikan beasiswa penuh untuk hafiz Al-Qur'an. (Sumber : freepik)

INFOSEMARANG.COM -- Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang memberikan kesempatan istimewa bagi calon mahasiswa yang menghafal Al-Qur'an.

Tahun ini, mereka menyediakan 180 kursi dengan beasiswa penuh bagi hafiz Al-Qur'an.

Profesor Gunarto, Rektor Unissula Semarang, mengungkapkan komitmennya dalam memberikan akses kuliah gratis kepada Al-Qur'an.

Baca Juga: Denmark Open 2023 Hari Kedua: 8 Wakil Indonesia Tanding, Siapa Lolos ke 16 Besar?

"Untuk hafiz gratis, ada 180 kursi. Tahun ini ada 180 beasiswa bagi hafiz Al-Qur'an," katanya dikutip dari Antara pada Rabu, 18 Oktober 2023.

Dari total 180 kursi yang disediakan, satu kursi ditempatkan di Fakultas Kedokteran dan satu lagi di Fakultas Kedokteran Gigi. Sementara sisanya tersebar di seluruh fakultas lainnya.

Lebih menariknya, Unissula tidak hanya mempersyaratkan penghafal Al-Qur'an untuk hafal 30 juz, mereka juga menerima hafiz dengan hafalan mulai dari 5 juz, 10 juz, 15 juz, dan seterusnya hingga nantinya mencapai 30 juz.

Bagi yang hafalan juznya masih kurang, akan diberikan kewajiban meningkatkan kemampuan hafalan secara berjenjang hingga 30 juz.

Baca Juga: Gerindra Tepis Isu Deklarasi Cawapres Prabowo Ditunda Karena Calon Masih Bimbang

Meskipun tantangan mencari calon mahasiswa hafiz Al-Qur'an tidaklah mudah, Unissula berencana untuk menjalin kerjasama dengan pesantren-pesantren sebagai sumber potensial.

"Kami berharap jumlah mahasiswa hafiz terus bertambah sehingga target 180 kursi bisa terpenuhi," kata Profesor Gunarto.

Selain Unissula, beberapa perguruan tinggi lain juga menawarkan beasiswa untuk penghafal Al-Qur'an, tetapi kuota yang ditawarkan tidak sebanyak Unissula.

Keberagaman tingkat hafalan Al-Qur'an yang diterima Unissula menjadi salah satu ciri khas mereka dalam memberikan peluang pendidikan.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI