UIN Walisongo Semarang dan Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Gelar Expo Pesantren

Elsa Krismawati
Jumat 20 Oktober 2023, 07:00 WIB
UIN Walisongo Semarang gelar semarak Pesantren

UIN Walisongo Semarang gelar semarak Pesantren

INFOSEMARANG.COM- Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang bersinergi dengan Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah mengadakan 'Expo Kemandirian Pesantren'.

Acara yang akan berlangsung di Gedung Juber Al Jaelani Planetarium UIN Walisongo pada Kamis (19/10) dihadiri berbagai pihak.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi yang melibatkan 38 pondok pesantren dari sejumlah wilayah, termasuk Kabupaten Demak, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Kendal, Kabupaten Wonosobo, dan Kota Semarang.

Baca Juga: Ciri Ikan Bebas Formalin yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli, Perhatikan Tekstur dan Warnanya

Acara ini secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Achmad Arief Budiman, M.Ag., bersama H. Muhtasit, S.Ag., yang menjabat sebagai Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Tengah.

Expo Kemandirian Pesantren ini merupakan bagian dari perayaan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2023, yang mengusung semangat Jihad Santri, Jayakan Negeri.

“Pondok Pesantren melalui pendampingan dari Kementerian Agama diharapkan bisa mandiri. Dalam arti pendampingan ini bisa menjadi stimulan yang dikembangkan dan optimisme di Pesantren," katanya seperti dikutip Infosemarang.com dari Antara pada 20 Oktober 2023.

Baca Juga: Gempa Garut Kamis Malam Ini Terasa di Cianjur, Sukabumi, Tasikmalaya, hingga Lembang Kabupaten Bandung

"Pesantren diharapkan bisa menghidupi dirinya. Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak dan ini merupakan tahun pertama. Harapannya di tahun depan bisa dilaksanakan lagi dan tidak hanya dari pesantren tapi juga UMKM sekitar kampus,” lanjurnya.

Selain Expo Kemandirian Pesantren, UIN Walisongo juga menggelar Pameran Foto dan Dokumentasi tentang Komite Hijaz, yang mengisahkan perjalanan KH.

Wahab Hasbullah dan Syekh Ghanaim Al-Amir sebagai utusan Nahdlatul Ulama dalam pertemuan dengan Raja Ibnu Saud tahun 1928 M. Selain itu.

Baca Juga: Diduga Curhat saat Aborsi Anak Justin Timberlake, Lagu Everytime Britney Spears Kembali Disorot

Manuskrip dan bedah naskah K.H. Soleh Darat juga dipamerkan di Walisongo Center.

H. Mokh. Syaroni, M.Ag., selaku Ketua Panitia Acara Expo Kemandirian Pesantren, menyampaikan apresiasi atas kehadiran tamu undangan dan para pengasuh pesantren dari 38 pesantren di Jawa Tengah.

Ia berharap selama tiga hari ke depan, para peserta merasa nyaman dan betah di UIN Walisongo dalam memeriahkan kegiatan Expo Kemandirian Pesantren.

H. Muhtasit, S.Ag., selaku Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Tengah, menjelaskan bahwa Kemandirian Pesantren adalah salah satu dari tujuh program prioritas yang dicanangkan Kementerian Agama.

Baca Juga: Gempa Garut Kamis Malam Terasa hingga Lembang Bandung, Getaran Sekitar 20 Detik

Sebanyak 5059 pesantren telah menerima bantuan inkubasi untuk mencapai kemandirian, dan dari jumlah tersebut, 339 pondok pesantren berlokasi di Jawa Tengah.

Dalam konteks ini, pendampingan dari Kementerian Agama diharapkan dapat membantu pesantren menjadi mandiri dan lebih produktif dalam hal pendidikan dan ekonomi.

Kegiatan Expo Kemandirian Pesantren, yang diselenggarakan secara serentak dan merupakan tahun pertama, diharapkan dapat menjadi stimulan bagi pesantren untuk terus mengembangkan diri dan berkontribusi dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

Baca Juga: Sherina Derby Disebut Memiliki Hubungan Persahabatan Platonik? Apa Itu? Ternyata Begini Penjelasannya

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Achmad Arief Budiman, M.Ag., menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperingati Hari Santri dan menyoroti kontribusi pesantren terhadap bangsa.

Ia menekankan bahwa pendidikan di pesantren bukan hanya sebatas pengajaran agama, tetapi juga melibatkan pembentukan karakter dan promosi kemandirian.

Expo Kemandirian Pesantren memamerkan beragam produk dan karya orisinal dari pesantren, seperti usaha hidroponik sayur dan buah dari Pondok Pesantren Al Falah Wonosalam Demak, produk kompos kandang dengan merek "Kondang" dari Pondok Pesantren Darussalam Mijen Demak, hingga kopi merek KEIB dari Pesantren Cahaya Insani yang telah di ekspor ke berbagai negara.

Baca Juga: BREAKING NEWS! Gempa Guncang Kota Bandung Kamis Malam 19 Oktober 2023

Pesantren Raudhah Al Asyariyyah Kalibeber juga menampilkan produk carica, teh tambi, dan makanan khas Wonosobo.

Dengan pameran ini, pesantren menunjukkan bahwa mereka mampu mandiri dan berkontribusi pada pengembangan dan pertumbuhan ekonomi nasional.

Ini adalah langkah penting untuk memperkuat pesantren sebagai pusat pendidikan yang berperan aktif dalam pembangunan negara.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Umum05 Oktober 2024, 12:45 WIB

Kesiapan Venue Ajang Peparnas XVII di Solo Dicek Kesiapannya, Besok Dibuka Presiden

Pembukaan resmi Peparnas XVII akan digelar di Stadion Manahan Solo, Minggu, 6 Oktober 2024.


Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengecek kesiapan akhir venue  Perparnas XVII Solo.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 21:01 WIB

Pemkot Semarang Buka Seleksi 2.654 Formasi PPPK

Dalam keputusan tersebut, alokasi formasi sebanyak 2.654 posisi disediakan untuk mengisi jabatan fungsional dan jabatan pelaksana di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.
Pemkot Semarang menetapkan PPPK untuk Tahun Anggaran 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 20:57 WIB

“Symphony Lawang Sewu 2024" Hadirkan Kla Project dan Ruth Sahanaya

Symphony Lawang Sewu ini menjadi selebrasi pertunjukan musik baru di kota Semarang bagi kalangan usia menengah keatas dalam bernostalgia.
Jumpa pers Symphony Lawang Sewu 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Pendidikan04 Oktober 2024, 11:54 WIB

Jawab Tantangan Limbah Mikroplastik, Dosen FTP SCU Semarang Raih Penghargaan di Forum Ilmuan Internasional

IUFoST sendiri merupakan organisasi beranggotakan negara-negara yang memiliki asosiasi profesi ahli teknologi pangan.
Dosen FTP SCU Semarang Dyah Wulandari, Ph.D. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis04 Oktober 2024, 11:40 WIB

Ikapesta Kembali Gelar Wedding Expo 2024 di PRPP Semarang, Catat Tanggalnya

Wedding expo terbesar di Kota Semarang ini akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut pada Kamis 11 Oktober 2024 hingga Minggu 13 Oktober 2024.


Panitia penyelenggara Ikapesta di depan pintu gerbang PRPP Semarang, sebagai tempat penyelenggaraan acara.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Umum03 Oktober 2024, 17:25 WIB

Nana Sudjana Ajak Mahasiswa Berpartisipasi Aktif dalam Pilkada 2024

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meminta kepada para mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam perhelatan Pilkada serentak 2024.
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana  saat menjadi keynote speech pada acara Seminar Kebangsaan di Undip. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:16 WIB

Keren, Kota Semarang Berhasil Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional

Kota Semarang kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK).

Kota Semarang meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata. (Sumber:  | Foto: dok)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:12 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.
Semarang Raya03 Oktober 2024, 16:33 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.  (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis03 Oktober 2024, 07:01 WIB

Paramount Land Gelar Pameran di Ajang ‘Amazing Gading Serpong’ Property Expo 2024, Hadirkan Beragam Promo Menarik

Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’ pada 2-7 Oktober 2024 di West Atrium Living World Alam Sutera, Tangerang.
Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’. (Sumber:  | Foto: Sakti)