Hujan Es Melanda Sragen, Rumah-Rumah Rusak Akibat Kejadian Langka Ini

Ilustarasi | Hujan es melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah pada Minggu, 22 Oktober 2023 sore. (Sumber : Freepik/tawatchai07)

INFOSEMARANG.COM -- Hujan es melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah pada Minggu, 22 Oktober 2023 sore, mengakibatkan kerusakan pada sejumlah rumah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sragen, Raden Triono Putra, menjelaskan bahwa hujan es dengan hujan lebat dan angin kencang terjadi di Desa Kacangan di Kecamatan Sumberlawang, serta Desa Gemantar dan Desa Sumberejo di Kecamatan Mondokan pada pukul 17.00 WIB.

Akibat peristiwa ini, sebanyak 137 rumah mengalami kerusakan, termasuk rumah yang mengalami kerusakan ringan dan berat.

Baca Juga: Pria Buruh Sapu Asal Klaten Tewas di Tempat Wudu Masjid Kauman Johar, Diduga Kena Serangan Jantung

Meskipun ada kerusakan fisik yang signifikan pada rumah-rumah ini, berita baiknya adalah tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Raden Triono Putra juga mencatat bahwa kerugian materiil akibat peristiwa ini diperkirakan mencapai Rp 137,5 juta.

Terdapat dua rumah yang mengalami kerusakan berat, dan satu pemilik rumah tersebut mengalami luka dan telah dirujuk ke Rumah Sakit Assalam Gemolong.

"Kalau kerugian diperkirakan sampai Rp137,5 juta. Kalau yang rumah rusak berat, salah satu pemilik mengalami luka, namun saat ini sudah dirujuk ke Rumah Sakit Assalam Gemolong," katanya dikutip dari Antara.

BPBD telah melibatkan relawan dalam upaya pembersihan rumah yang roboh sebagai bagian dari penanganan awal.

Baca Juga: Kecelakaan di Tol Krapyak-Jatingaleh: Mobil Tabrak Truk Diduga Gara-gara Sopir Ngantuk, Tak Ada Korban Jiwa

Kondisi ini juga berdampak pada aktivitas warga dan kelancaran akses jalan di daerah tersebut. Banyak pohon tumbang yang merusak rumah-rumah dan genteng yang rusak.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk memangkas ranting pohon yang berpotensi patah dan membahayakan pengguna jalan.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI