Makin Marak di Internet, Begini Sejarah Penemuan Situs Kencan Online Pertama Kali di Dunia

Ilustrasi layanan kencan online (Sumber : freepik)

INFOSEMARANG.COM - Layanan aplikasi dan situs kencan online kini semakin marak dan beragam, baik buatan luar maupun dalam negeri.

Sayangnya banyak yang menyalahgunakan layanan situs kencan online ini untuk melakukan tindakan terlarang seperti penipuan, pemerasan, hingga jual diri.

Namun siapa sangka, asal usul pembuatan layanan situs kencan online ini sendiri ternyata punya perjalanan cukup panjang.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Penjual Makan di Tempat Wisata, Hati-Hati Ada Oknum Nakal!

Dimulai pada tahun 1959, sebuah proyek percobaan matchmaking bernama ‘Happy Families Planning Sevice’ dibuat oleh Jim Harvey dan Phil Fialer.

Proyek yang dalam masa pengaplikasiannya ini menggunakan kartu kuesioner dan komputer IBM 650, berhasil menyatukan sebanyak 49 pasangan.

Percobaan kedua dilakukan oleh mahasiswa Harvard, Jeff Tarr dan Vaughan Morrill pada tahun 1965.

Dengan kuesioner dan IBM 1401, proses pencocokan peserta dilakukan berdasarkan kemiripan satu sama lain. Eksperimen ini diberi harga 3 dolar untuk setiap peserta.

Baca Juga: Lirik Lagu Perfect - One Direction, Kisah Asmara dengan Seorang Mega Bintang

Memasuki tahun 1995, layanan dating online pertama bernama match.com diluncurkan. Pada masa ini pula istilah dating online mulai populer. Bahkan dalam satu bulan, istilah itu mencapai jumlah pencarian hingga 135.000 kali.

Tiga tahun kemudian, 1998, penggunaan pesan elektronik atau email semakin memudahkan para pengguna internet untuk saling terhubung, termasuk dalam mencari pasangan kencan.

Malah, aktivitas ini kian terasa normal dan banyak ditiru setelah adanya film You’ve Got Mial yang dibintangi Tom Hanks dan Meg Ryan.

Baca Juga: Desta Bikin Pengakuan Mengejutkan di Resepsi Pernikahan Enzy Storia: Gue Nangis Karena Masalah yang Lain Zy

Hingga setelah era milenium lah layanan kencan online ini menemui titik terangnya.

Kemunculan layanan 3G dan beragam ponsel pintar menawarkan kesempatan lebih besar bagi para pencari cinta di internet untuk bisa saling terhubung.

Terlebih sejak adanya Facebook, beberapa aplikasi kencan mulai dirancang dan diluncurkan.

Baca Juga: 5 Jenis 'Pakaian Dinas Istri' Ini Tidak Pernah Gagal Buat Suami Kesengsem, Bikin Rumah Tangga Awet!

Termasuk Tinder, aplikasi kencan yang kabarnya paling banyak digunakan di Indonesia ini dibuat pada tahun 2012.
***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI