BAHAYA! Modus Penipuan Kirim File Undangan Pernikahan.apk Disebar Lewat Chat Whatsapp, Ini yang Terjadi Jika Sampai di Instal

Ilustrasi | Modus Penipuan Kirim File Undangan Pernikahan.apk Disebar Lewat Chat Whatsapp (Sumber : Freepik)

INFOSEMARANG.COM -- Berbagai cara kini dapat dilakukan sebagai modus penipuan.

Salah satu yang masih marak terjadi adalah dengan mengirimkan file .apk di chat Whatsapp.

File yang dikirim belakangan ini diberi nama 'Undangan Pernikahan.apk'.

Baca Juga: Anaknya Disuruh Foto Sama Kambing, Viral Curhatan Orang Tua Murid Baru Ngeluh saat Pecahkan Teka-teki MPLS

Meski Anda tidak mengenal pengirimnya, terkadang tanpa disadari Anda akan memiliki rasa penasaran terhadap undangan tersebut.

Tentu hal ini menjadi titik kelemahan penerima sehingga menjadi celah bagi pelaku penipuan untuk mendapatkan keuntungan dari file yang dikirimkannya.

Lalu, apa yang terjadi jika sampai file .apk tersebut ter-instal di HP Anda?

Jika Anda menginstal file .apk yang jadi modus penipuan saat ini, file tersebut dapat melakukan berbagai hal, termasuk mengambil alih perangkat Anda dan mencuri data pribadi Anda, seperti nomor telepon, alamat email, dan kata sandi.

Baca Juga: 7 Makanan Ampuh Usir Bad Mood dan Stress, Tetap Sehat dan Bergizi

Selain itu, file tersebut juga bisa secara langsung menginstal malware yang dapat merusak perangkat Anda atau mencuri data Anda.

File tersebut juga mampu menjalankan iklan yang dapat mengganggu Anda atau mencuri data Anda, mengirim pesan spam atau phishing kepada kontak Anda hingga mencuri uang dari rekening bank Anda.

Berikut adalah beberapa cara untuk menghindari penipuan dengan menggunakan file .apk:

- Jangan pernah menginstal file .apk yang tidak Anda kenal. Jika Anda tidak yakin apakah file .apk tersebut aman, jangan menginstalnya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Mesin Dua Tak yang Harus Kamu Ketahui, Tidak Hanya Sepeda Motor, Alat Sehari-hari Masih Menggunakannya

- Hanya instal file .apk dari sumber yang terpercaya, seperti Google Play Store.

- Hati-hati dengan pesan WhatsApp yang berisi file .apk. Jika Anda menerima pesan WhatsApp yang berisi file .apk dari orang yang tidak Anda kenal, jangan membukanya.

- Periksa izin yang diminta oleh file .apk sebelum menginstalnya. Jika file .apk meminta izin yang tidak wajar, seperti akses ke kontak atau SMS, jangan menginstalnya.

Baca Juga: Hasil Penelitian: Ternyata Stres Bisa Menular, Hati-hati Jika Kamu Menjadi Tempat Curhat!

Namun jika Anda sudah terlanjur menginstal file .apk yang berbahaya tersebut, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

- Segera hapus file .apk tersebut dari perangkat Anda.

- Ubah kata sandi untuk akun-akun penting Anda.

- Laporkan penipuan tersebut ke pihak berwenang.

Dengan mengetahui cara untuk menghindari penipuan dengan menggunakan file .apk, Anda dapat melindungi diri dari menjadi korban penipuan ini. ***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI