Kini Apple Siapkan Chatbot 'Ajax' Untuk Bersaing dengan ChatGPT dan Bard, Kapan Rilisnya?

Kini Apple Siapkan Chatbot 'Ajax' Untuk Bersaing dengan ChatGPT dan Bard (Sumber : Nicholas Kamm / AFP / Getty Images)

INFOSEMARANG.COM -- Pengembangan terhadap penggunaan Artificial Intelligence (AI) semakin meluas.

Setelah sebelumnya ChatGPT milik OpenAI menjadi salah satu AI yang ramai diperbicncangkan dan banyak digunakan, Google pun kemudian memperkenalkan Bard yang memiliki kegunaan tidak jauh berbeda dengan ChatGPT.

Kini Apple dikabarkan tengah mengembangkan chatbot berbasis kecerdasan buatan atau AI miliknya sendiri yang diberi nama 'Ajax'.

Baca Juga: Link Live Streaming Borneo FC Samarinda vs PS Barito Putera, Kick Off Pukul 15.00 WIB, Jumat, 21 Juli 2023

Meski sebelumnya Apple sudah memiliki sistem AI yang paling terkenal yakni Siri, namunasisten suara yang membantu memulai tren di antara perusahaan teknologi ini dianggap masih butuh waktu yang panjang untuk menyempurnakannya.

Melansir dari Bloomberg, teknologi ini nantinya akan hadir dengan fitur yang tidak jauh berbeda dengan ChatGT milik OpenAI dan Bard dari Gogle.

Sejatinya, proyek Ajax sendiri diketahuisudah mulaidigarap pada akhir tahun 2022.

Namun penggunaannya sendiri masih terbatas untuk karyawan Apple secara internal saja.

Baca Juga: Beda Candy Crush vs Game Slot, Imbas Viralnya Anggota DPR Diduga Tepergok Main Judi Slot

Untuk mendukung dan semakin mengembangkan proyek ini, Apple pun kemudian merekrut mantan pimpinan AI dan Search di Google yakni John Giannandrea.

Menurut Bloomberg, Giannandrea dan wakil presiden senior rekayasa perangkat lunak Apple, Craig Federighi, nantinya akan memimpin inisiatif AI Apple ini.

Meskipun rencana Apple di ruang AI masih belum begitu jelas, namun salah satu sumber mengatakan kepada Bloomberg bahwa Apple ingin membuat "pengumuman terkait AI yang signifikan" sekitar tahun depan.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI