Motor Dua Tak Retro yang Menjadi Idaman: Kawasaki Ninja 150 RR, Ketahui Harga Secondnya Saat Ini

Illustrasi | Ketahui spesifikasi, harga second, dan teknologi yang digunakan Kawasaki Ninja 150 RR. (Sumber : Instagram/riyanburhan_)

INFOSEMARANG.COM -- Sepeda motor dua tak retro telah mencuri hati para pencinta otomotif Indonesia. Bahkan, harga motor 2-tak dalam kondisi ideal bisa melampaui harga motor baru.

Salah satu motor sport dua tak yang diminati antara lain Kawasaki Ninja 150 RR. Motor ini memiliki mesin 150 cc dua langkah yang terkenal dengan tarikannya yang begitu kuat.

Kehebatan Teknologi Super KIPS

Kawasaki Ninja RR pertama kali diperkenalkan, langsung mendapatkan banyak penggemar di kalangan pencinta kecepatan dan balap.

Motor ini berhasil berjaya di berbagai ajang balap, dari balapan liar hingga kejuaraan resmi, sehingga nama "Ninja" semakin dikenal.

Bahkan, untuk penggunaan sehari-hari, tenaga mesin standarnya sudah
sangat memadai. Tinggal seberapa berani pengendara menarik gas hingga maksimal.

Kebangkitan Kawasaki Ninja RR ini juga menarik perhatian kaum muda yang turut memburu motor legendaris ini.

Baca Juga: Kontroversi Matty Healy Vokalis The 1975 yang Bikin Elus Dada, Salah Satunya Hobi Makan Bahan Tak Lazim Ini

Perbedaan Ninja 150 RR dan ZX-KKR 150

Tepat sekitar tahun 2002, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memperkenalkan Kawasaki Ninja 150 RR di Indonesia.

Di Thailand, motor ini dikenal dengan nama ZX-KRR 150. Versi ini telah dilengkapi dengan teknologi Super KIPS (Kawasaki Integrated Power Valve System) dengan kode blok 1878.

Perlu diketahui, varian Ninja 150 R saat itu masih menggunakan teknologi KIS (Kawasaki Integrated System).

Namun, kelemahan KIS berhasil diperbaiki dengan kehadiran teknologi Super KIPS pada Ninja RR.

Generasi pertama atau ZX dari Ninja RR dilengkapi dengan mesin dua langkah berpendingin cairan, berkapasitas 148 cc (dengan bore x stroke 59 x 54,4 mm) dan rasio kompresi 7,2:1, serta menggunakan sistem pengabutan karburator Mikuni VM28.

Rahasia di Balik Teknologi Super KIPS

Teknologi Super KIPS pertama kali muncul di awal tahun 2000-an ketika Kawasaki memperkenalkan Ninja RR atau sebenarnya KRR ZX 150. Motor ini masuk ke Indonesia dalam bentuk built up dari Thailand.

Baca Juga: Pamer Foto Paspor Baru, Terkuaknya Nama Tengah Inara Rusli Bikin Warganet Terkejut: Oh Ternyata..

Teknologi Super KIPS ini pertama kali terpasang pada mesin dengan kode blok 1878.

Teknologi Super KIPS berhasil mencuri perhatian karena katup yang dapat dibuka secara manual tanpa bantuan aplikasi elektronik, membuka lebar pada putaran 5.000-7.000 rpm. Bukaan ini memanfaatkan putaran bandul kruk as.

Tidak hanya memberikan tenaga tambahan, cara kerja ini juga berdampak pada efisiensi bahan bakar. Dengan dukungan teknologi ini, Ninja RR mampu mencapai tenaga 30 PS pada 10.500 rpm.

Selain teknologi Super KIPS, Ninja RR juga menggunakan lapisan silinder yang dinamai Super Electrofusion Cylinder.

Lapisan ini memiliki pori-pori yang dapat menahan oli pelumas, sehingga penggunaan oli tidak berlebihan karena pelumasan sudah cukup melalui pori-pori tersebut.

Harga Second

Dari tahun 2006 hingga 2012, Kawasaki Ninja RR tidak mengalami banyak perubahan. Meskipun banyak versi Special Edition (SE) yang diperkenalkan.

Ninja RR SE tahun 2011 menjadi salah satu yang unik karena bagian belakangnya yang lebih lebar. Banyak orang menyebutnya sebagai Ninja RR jumbo karena desain buritan yang melar.

Pada tahun 2012, Kawasaki merilis generasi Ninja RR ketiga. Generasi ini tetap menggunakan Teknologi Super KIPS dan Super Electrofusion Cylinder pada blok mesinnya, ditambah dengan HSAS dan catalytic converter.

Sayangnya, Ninja RR akhirnya berhenti diproduksi pada Juli 2015. Namun, bagi para penggemar, masih dapat mencari Ninja RR bekas dengan harga Rp 15 juta - Rp 43 juta tergantung tahun dan kondisi kendaraan.

Jadi, jika kamu adalah seorang penggemar otomotif dan tertarik dengan sepeda motor legendaris yang bertenaga kuat, Kawasaki Ninja 150 RR bisa menjadi pilihan yang tepat!***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI