Intip Spesifikasi Motor Listrik Honda EM1 e, Punya Torsi Besar, Lebih Besar dari Triumph Street Triple 765!

Spesifikasi dan harga sepeda motor listrik Honda EM1 e. (Sumber : honda.co.uk)

INFOSEMARANG.COM -- Honda mengambil langkah besar dalam mencapai visi kenetralan karbon pada tahun 2040-an. Mulai tahun ini sepeda motor listrik dari Honda mulai dirilis ke pasar.

Salah satunya ialah Honda EM1 e yang baru saja rilis di pasar inggris. Motor listrik kompak ini dirancang khusus untuk para pekerja dan pelajar di perkotaan yang ingin memiliki kendaraan ramah lingkungan dengan harga terjangkau untuk perjalanan sehari-hari.

Performa EM1 e: Kecepatan, Jarak Tempuh, dan Torsi

EM1 e didukung oleh motor in-wheel yang mampu mendorong motor listrik ini mencapai kecepatan maksimal yang cukup memadai, yaitu hampir 30mph (sekitar 48 km/jam).

Jarak tempuhnya pun cukup baik, berkisar antara 25 hingga 30 mil tergantung pada mode berkendara yang digunakan.

Dilansir dari motorcyclenews pada Sabtu, 29 Juli 2023, yang menarik adalah torsi yang dihasilkan oleh Honda EM1 e ini, mencapai 66lb.ft, bahkan lebih tinggi daripada Triumph Street Triple 765 yang berada di 58lb.ft pada RPM 9.350.

Dengan torsi besar, tentu saja Honda EM1 e bakal enak dibawa melibas tanjakan dan punya performa baik saat mengangkut beban berat.

Baca Juga: Nekat Bawa Durian ke Kamar Hotel, Wisatawan Ini Nyaris Kena Denda Senilai Jutaan

Baterai Ramah Lingkungan dengan Fitur Praktis

Baterai EM1 e memiliki berat 10.3kg dengan kapasitas 50.3v, menggunakan teknologi lithium-ion yang ramah lingkungan.

Hal yang menarik, baterai ini dapat dilepas dengan mudah, menjadi manfaat jangka panjang apabila stasiun pertukaran Honda Mobile Power Pack menjadi umum seperti di Asia.

Waktu pengisian daya memang memakan waktu, sekitar enam jam untuk mengisi daya dari nol hingga penuh dan 160 menit untuk mengisi daya dari 25% hingga 75%.

Namun, pengisian daya dapat dilakukan dari sumber listrik rumah tangga, memudahkan para pengguna.

Fitur Lengkap di Dalam EM1 e

Honda telah menyematkan berbagai fitur lengkap di dalam EM1 e untuk kenyamanan dan kepraktisan pengendara.

Terdapat ruang penyimpanan bawah kursi sebesar 3.3 liter yang berguna, port pengisian USB, lampu LED di seluruh bagian, gantungan tas, pegangan belakang, dan pijakan kaki penumpang yang dapat dilipat.

Baca Juga: Apa Arti Hukum Adat Pati Nyawa Suku Dayak? Bakal Ditempuh Keluarga Bripda Ignatius, Korban Polisi tembak Polisi

Desain Kokoh dan Nyaman untuk Perjalanan Sehari-hari

Motor listrik ini didesain dengan rangka baja di bagian bawah (steel underbone frame) yang kuat, dengan garpu depan teleskopik 31mm yang cocok dipadukan dengan dua absorber kejut belakang untuk meredam guncangan selama berkendara.

Dengan roda depan berukuran 12 inci yang terbuat dari aluminium cetakan untuk mengurangi bobot dan roda belakang berukuran 10 inci dengan desain campuran baja/aluminium.

Honda memilih sistem pengereman gabungan (CBS) yang terdiri dari cakram depan single-piston berdiameter 190mm dan rem belakang drum berdiameter 110mm.

Saat rem belakang diaktifkan, sistem CBS mendistribusikan daya pengereman ke kaliper depan.

Dengan ketinggian kursi sekitar 740mm, EM1 e dapat diakses dengan mudah oleh pengendara dengan postur lebih pendek.

Ditambah dengan bobot hanya 95kg, termasuk baterai, motor listrik ini akan mudah untuk dikendalikan dan manuver.

Baca Juga: Fakta Kasus Polisi Tembak Polisi di Cikeas, Bripda Ignatius Sempat Disebut Mati Karena Sakit

Detail Lain dari EM1 e

Ingin tahu lebih banyak tentang EM1 e? Berikut adalah beberapa detail menarik tentang sepeda motor listrik ini:

1. Skuter listrik untuk Dua Penumpang: EM1 e didesain untuk mengangkut dua penumpang dengan pegangan belakang, kursi panjang, dan pijakan kaki penumpang yang dapat dilipat saat tidak digunakan. Beban maksimal yang dapat ditampung mencapai 180kg.

2. Mode Berkendara Ramah Lingkungan: EM1 e memiliki dua mode berkendara, yaitu normal dan ECON. Mode ekonomi meningkatkan jarak tempuh sekitar 6,4 km lebih jauh dan dapat diakses melalui layar LCD.

3. Baterai Mobile Power Pack: Baterai EM1 e memiliki desain kotak dengan pegangan terintegrasi untuk mudah dilepas. Baterai berkapasitas 10kg ini dapat diisi ulang lebih dari 2500 kali, sesuai klaim dari Honda.

4. Pengendara Nyaman: Dengan berat hanya 95kg, termasuk baterai 10kg, dan ketinggian kursi sekitar 740mm, EM1 e akan menjadi motor listrik yang mudah dikendalikan dan cocok untuk pengendara pemula.

5. Pilihan Warna Sesuai Selera: EM1 e akan tersedia dalam tiga skema warna menarik - pearl sunbeam white, digital silver metallic, dan matte ballistic black metallic.

Nah, itu dia berita menarik mengenai motor listrik Honda, EM1 e, yang hadir dengan membawa misi ramah lingkungan dan berbagai fitur keren.

Di Jepang harganya dibanderol sekitar 300.000 yen (Rp 32 juta). Sedangkan untuk di Indonesia, dirumorkan Honda EM1 e bakal dirilis ke pasar tanah air tahun ini.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI