Begini Perbandingan A17 Pro vs A16 Bionic yang Membuatmu Perlu Upgrade ke iPhone 15 Pro atau 15 Pro Max

Galuh Prakasa
Rabu 20 September 2023, 14:02 WIB
Perbandingan lengkap antara A17 Pro dan A16 Bionic. (Sumber : Gizmochina)

Perbandingan lengkap antara A17 Pro dan A16 Bionic. (Sumber : Gizmochina)

INFOSEMARANG.COM -- Saat Apple mengumumkan chipset baru, sering kali disambut dengan antusiasme di seluruh dunia.

Tahun ini, sorotan tertuju pada A17 Pro. Tetapi bagaimana kinerjanya dibandingkan dengan pendahulunya, A16 Bionic?

Dilansir dari Gizmochina pada Rabu, 20 September 2023, berikut perbandingan Chipset A17 Pro dan A16 Bionic.

Baca Juga: INFO Pengalihan Arus Lalu Lintas Kirab Pemilu 2024 Hari Ini, Hindari Jalan Pemuda

Proses Manufaktur

  • A17 Pro: Fitur unggulan dari A17 Pro adalah chip 3-nanometer pertama di industri, dibangun dengan proses fabrikasi 3nm terbaru dari TSMC. Penurunan nanometer ini dari pendahulunya berarti chip ini dapat menampung lebih banyak transistor dalam ruang yang sama, menghasilkan kinerja dan efisiensi energi yang lebih baik. Lebih tepatnya, A17 Pro memiliki sekitar 19 miliar transistor.

  • A16 Bionic: A16 Bionic, yang beroperasi pada proses 4nm dan memiliki sekitar 16 miliar transistor, cukup mengesankan pada masanya. Namun, dengan proses 3nm-nya, A17 Pro mewakili langkah besar ke depan.

Kinerja Murni

  • Jumlah Core CPU: Kedua chip ini memiliki CPU 6-core. Namun, perbaikan arsitektural dalam A17 Pro memberikan yang Apple sebut sebagai "kinerja single-threaded tercepat dalam setiap smartphone."

  • Informasi Geekbench: Benchmark menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan untuk A17 Pro. Kinerja single-core pada Geekbench menunjukkan peningkatan sekitar 16%, dan kinerja multi-core naik sekitar 13% dibandingkan dengan A16.

  • Informasi AnTuTu: iPhone 15 Pro Max mencetak 1.641.883 poin di AnTuTu. Dalam tes CPU, mencapai 392.643 poin, dan dalam tes GPU, mencetak 597.734 poin. A17 Pro juga unggul dalam departemen memori dengan skor 306.164, melampaui skor iPhone 14 Pro Max sebesar 233.925.

Baca Juga: RESMI! Daftar Formasi PPPK 2023 di Kota Semarang, Cek Persyaratan & Cara Mendaftarnya

Kemampuan Grafis

  • GPU: Sementara A16 Bionic memiliki GPU 5-core, A17 Pro meningkatkan menjadi GPU 6-core. Menurut Apple, peningkatan ini menghasilkan peningkatan kinerja hingga 20%.

  • Dampak di Dunia Nyata: Ini bukan sekadar permainan angka. Penambahan inti berarti penanganan grafis beresolusi tinggi yang lebih baik, mulai dari permainan hingga tugas grafis profesional.
  • Selain itu, GPU A17 Pro mencakup ray tracing berbasis hardware, sebuah peningkatan signifikan dalam menghasilkan efek pencahayaan dan bayangan yang realistis. Lebih tepatnya, chip A17 Pro menawarkan kinerja ray tracing empat kali lebih cepat dibandingkan A16 Bionic.

  • Informasi GFXBench: Dalam hasil benchmark GPU di GFXBench, A17 Pro unggul dibandingkan A16 Bionic dengan selisih yang signifikan. Misalnya, dalam tes Aztec Ruins High Tier Offscreen, iPhone 15 Pro Max dengan A17 Pro tampil sekitar 19% lebih baik daripada iPhone 15 Plus dengan A16 Bionic.

    Dalam tes Manhattan 3.1 Offscreen, A17 Pro menunjukkan peningkatan hingga 31,5%, dengan 199,8 fps dibandingkan dengan 151,9 fps A16. Meskipun tidak semua perbandingan mencapai peningkatan 20% yang diiklankan, A17 Pro tampaknya memberikan peningkatan kinerja GPU yang lebih besar.

Baca Juga: Hasil Pertandingan AC Milan vs Newcastle United: Ditahan Imbang Tanpa Gol

Kemampuan Kecerdasan Buatan (AI) dan Neural

  • Mesin Neural: Tugas Kecerdasan Buatan (AI) memainkan peran penting dalam smartphone modern. Sementara kedua chip ini mencakup Neural Engine 16-core, versi A17 Pro diklaim dua kali lebih cepat, mampu melakukan hingga 35 triliun operasi per detik. Ini menghasilkan peningkatan kinerja untuk tugas AI dan optimasi foto dan video yang lebih baik.

Memori dan Efisiensi

  • RAM: A17 Pro memiliki RAM LPDDR5 sebesar 8GB, melampaui 6GB A16. Memori tambahan ini akan membantu dalam multitasking, memungkinkan transisi aplikasi yang lebih lancar dan kinerja yang lebih baik dalam tugas berat memori.

  • Efisiensi: Proses 3nm A17 Pro meningkatkan efisiensi energi, memungkinkan tugas dilakukan dengan konsumsi daya yang lebih rendah. Ini menghasilkan masa pakai baterai yang lebih lama dan penghasilan panas yang lebih sedikit, memastikan perangkat tetap dingin selama operasi yang membutuhkan banyak daya.

Peningkatan ISP (Image Signal Processor)

  • Mesin Fotonic: A17 Pro memiliki perbaikan dalam Image Signal Processor-nya, termasuk Mesin Fotonic baru dan Smart HDR 5, menghasilkan kualitas foto dan video yang lebih baik dibandingkan dengan A16 Bionic.

  • Mesh Shadingg: Ini juga memperkenalkan pengaturan Mesh shading dan menawarkan kemampuan video seperti 2.8K @ 60 fps dalam Mode Sinematik dan Aksi, melampaui batas 30 fps A16. Selain itu, A17 Pro dapat mengambil gambar HEIF 48MP serta gambar RAW Pro 48MP.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-24 Menang 2-0 vs Kirgistan, Gol Dicetak Ramai Rumakiek dan Hugo Samir, Simak Jalannya Pertandingan!

Konektivitas dan Fitur Tambahan

  • Kinerja USB 3: A17 Pro membawa kemampuan USB 3 ke iPhone, memungkinkan tingkat transfer data yang lebih cepat hingga 10 Gbps, langkah signifikan dari 480 Mbps yang terlihat pada A16 Bionic.

  • Media Engines: A17 Pro juga menonjol dengan penambahan dekoder AV1, diharapkan meningkatkan streaming video pada iPhone terbaru.

A17 Pro memperluas fondasi A16 Bionic dengan sejumlah penyempurnaan dan perbaikan, mengukuhkan posisinya sebagai pesaing kuat dalam industri chipset mobile.

Pentingnya perbaikan ini mungkin berbeda dari pengguna ke pengguna, tetapi bagi mereka yang mencari kinerja kelas atas, A17 Pro menjelma menjadi standar baru dalam dunia teknologi smartphone yang terus berkembang.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Olahraga06 Juli 2024, 07:00 WIB

Seri Perdana Trial Game Dirt 2024 di Semarang, Pertarungan Lebih Ketat dengan Regulasi Baru

Persaingan di seri pertama Trial Game Dirt 2024 semakin kompetitif dan lebih ketat dari edisi tahun sebelumnya.
Seri perdana Trial Game Dirt 2024
di Semarang (Sumber:  | Foto: sakti)
Semarang Raya05 Juli 2024, 15:44 WIB

Tanam Padi di Lahan Rob, Pemkot Semarang dan BRIN Implementasikan Hasil Riset Bidang Pertanian

Penebaran benih padi varietas Biosalin dilakukan di lahan tidur imbas rob air laut di Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang.
Penebaran benih padi varietas Biosalin di lahan tidur imbas rob air laut di Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang.
 (Sumber:  | Foto: sakti)
Semarang Raya05 Juli 2024, 15:32 WIB

Hindari Anak-anak Terlibat Perjudian, Walikota Minta Orang Tua Cek Handphone Anak

Mbak Ita juga akan terus melakukan penyuluhan kepada pelajar di setiap sekolah lewat Dinas Pendidikan, agar mereka bisa menghindari hal-hal negatif.
ilustrasi judi online. (Sumber:  | Foto: dok pixabay.)
Umum05 Juli 2024, 15:16 WIB

Ini Nama Dua Putra Putri Terbaik Jateng yang Jadi Paskibraka Nasional 2024

Dua pelajar asal Provinsi Jawa Tengah, lolos seleksi menjadi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2024. Mereka adalah Akmal Faiz Ali Khadafi dan Glenys Lalita Aksani.
Proses seleksi calon Paskibraka Jateng 2024.  (Sumber:  | Foto: istimewa)
Pendidikan04 Juli 2024, 21:42 WIB

Unnes Buka Prodi Ilmu Komunikasi, Daya Tampung 100 Calon Mahasiswa

Pembukaan prodi tersebut dibuka setelah UNNES mendapatkan rekomendasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT).
kampus Unnes Gunungpati Semarang.. (Sumber:  | Foto: dok Unnes.)
Semarang Raya04 Juli 2024, 21:30 WIB

Minimalisir Angka Kesakitan dan Kematian, Pemkot Semarang Telah Jalankan Layanan ILP Hingga Tingkat RW

Sistem Integrasi Layanan Primer (ILP) untuk menjangkau layanan kesehatan masyarakat hingga tingkat RW.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M. Abdul Hakam. (Sumber:  | Foto: sakti)
Umum04 Juli 2024, 12:12 WIB

Penyelenggaraan AFF U - 16 Sukses, Pj Gubernur Jateng: Menambah Semangat Penyelenggaraan Event

Kesuksesan penyelenggaraan yang diraih,menambah semangat bagi Jateng untuk semakin baik dalam menyelenggarakan event.
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana usai pertandingan antara Australia VS Thailand di Stadion Manahan. (Sumber:  | Foto: dok)
Umum03 Juli 2024, 19:16 WIB

PJ Gubernur Jateng Cek Keadaan Dunia Usaha, Kunjungi Sido Muncul dan PT SCI Salatiga

Kunjungannya untuk memantau perkembangan sejumlah industri dan ketenagakerjaan di wilayah Jateng.
Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana melakukan kunjungan kerja di PT Sido Muncul. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Juli 2024, 10:46 WIB

Jelang Pilwakot, Mbak Ita Lakukan Komunikasi DPD Partai Golkar Kota Semarang

Perempuan yang akrab disapa Mbak Ita tersebut mendatangi kantor DPD Partai Golkar didampingi beberapa pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Semarang.
Kader PDI Perjuangan Hevearita Gunaryanti Rahayu  silaturahmi dengan DPD Partai Golkar Kota Semarang. (Sumber:  | Foto: dok)
Umum03 Juli 2024, 10:32 WIB

Pemprov Jateng Fasilitasi Pemulangan Korban Perdagangan Orang

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memfasilitasi pemulangan 49 korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) kembali ke daerah asal.
Korban TPPO di Panti Sosial Margo Widodo, Tugu, Kota Semarang. (Sumber:  | Foto: sakti)