Google Kembangkan Fitur Baru untuk Chrome, Bikin Memori dan Baterai Efisien, Laptop Kentang Aman Buka Banyak Tab

Google kembangkan fitur baru Chrome, optimalkan kinerja tab aktif. (Sumber : google)

INFOSEMARANG.COM -- Google tengah merancang fitur inovatif yang disebut sebagai "Panel Kinerja" untuk versi Chrome yang berjalan di Windows 11 dan macOS.

Fitur ini bertujuan untuk memberikan pengguna kemampuan untuk memantau penggunaan memori dan CPU pada peramban mereka, sekaligus mengoptimalkan kinerja setiap tab yang aktif.

Google telah menggeluti berbagai perbaikan seputar performa Chrome, termasuk pengendalian tab baru yang lebih baik.

Baca Juga: Lirik Lagu yang Dibawakan Putri Ariani di Final AGT 2023, Don't Let the Sun Go Down On Me - Elton John

"Panel Kinerja" ini tampaknya merupakan bagian dari upaya lebih besar perusahaan untuk menonjolkan efisiensi, kecepatan, dan keamanan dari peramban tersebut.

Seorang insinyur Google, dalam sebuah posting di forum bug Chromium, menyatakan bahwa tahap akhir perancangan "Panel Kinerja" sedang berlangsung.

Mereka juga sedang berupaya mengembangkan tampilan dan prototipe kartu-kartu kinerja yang berbeda untuk panel tersebut.

Semua ini bertujuan untuk memastikan panel samping kinerja baru ini dapat berfungsi dengan baik.

Berdasarkan pandangan dari Windowslatest, "Panel Kinerja" ini memiliki kesamaan dengan fitur browser essentials yang ada dalam Microsoft Edge.

Salah satu komponen utamanya akan menjadi "Penyimpanan Memori," yang secara cerdas akan mengalokasikan sumber daya hanya kepada tab-tab yang tengah aktif.

Baca Juga: Baim Wong Pamer Rp9 Miliar Hasil Jualan Online, Warganet: Udah Bang Kasihan UMKM

Dengan demikian, Chrome akan membebaskan memori dari tab yang tidak aktif, memungkinkan penggunaan memori yang lebih efisien.

Sebagai contoh, jika Anda sedang menjelajahi beberapa tab Instagram di Chrome tetapi telah beralih ke tab YouTube selama beberapa menit, Chrome akan secara otomatis melepaskan memori yang digunakan oleh tab Instagram yang tidak aktif dan dialokasikan ke YouTube dan fitur-fitur peramban lainnya.

Selain itu, "Panel Kinerja" juga akan memiliki fitur hemat baterai yang mengingatkan pengguna untuk mengaktifkan mode hemat baterai saat level baterai perangkat turun menjadi 20%.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI