Microsoft Hentikan Upgrade Gratis Windows 7/8 dan ke Windows 10/11

Ilustrasi | Microsoft telah mengakhiri jalur upgrade gratis dari Windows 7/8 ke Windows 10/11, (Sumber : Freepik/snowing)

INFOSEMARANG.COM -- Microsoft telah mengakhiri jalur upgrade gratis dari Windows 7/8 ke Windows 10/11, meskipun upgrade dari 10 ke 11 tetap gratis.

Hal ini berarti orang-orang dengan sistem yang lebih lama sekarang harus membayar jika mereka ingin meng-upgrade.

Dilansir dari Gizmochina, sebelumnya, beberapa pengguna mencoba untuk mendapatkan aktivasi permanen selama proses upgrade, tetapi alat-alat seperti HWIDGEN dan MAS untuk mengaktifkan sistem tidak akan lagi berfungsi, karena Microsoft telah memblokir permintaan semacam itu dari server mereka.

Baca Juga: Eks Jubir KPK, Febri Diansyah Bantah Diperiksa Soal Penghancuran Barang Bukti Dugaan Korupsi di Kementrian Pertanian

Namun, komputer yang sudah menggunakan Windows 10/11 melalui aktivasi-aktivasi ini akan tetap aktif; Microsoft tidak akan mencabut lisensi-lisensi tersebut.

Saat ini, Windows 11 versi 22H2 masih dapat diaktifkan pada mesin-mesin virtual, tetapi build Canary yang lebih baru tidak menerima permintaan aktivasi.

Microsoft juga sedang mengerjakan Windows 12 yang lebih ringan, berfokus pada web, dengan tujuan memasuki pasar pendidikan dan bersaing dengan Chrome OS.

Ini diharapkan menjadi versi Windows yang lebih sederhana dan dijadwalkan akan diluncurkan pada tahun 2024.

Varian ini tidak akan menggantikan Windows standar, tetapi akan menjadi alternatif untuk perangkat pendidikan yang lebih sederhana.

Ini akan memiliki integrasi kecerdasan buatan (AI) dan fokus kuat pada pengalaman web, terutama dengan Microsoft Edge.

Baca Juga: e-Meterai Bakal Hilang, Jangan Edit Dokumen CPNS PPPK 2023 yang Sudah Dibubuhi e-Meterai

Selain itu, Microsoft telah memperkenalkan pembaruan besar untuk Windows 11, menambahkan Copilot, asisten AI baru.

Copilot akan ada di sisi layar dan dapat membantu pengguna dengan berbagai tugas seperti mencari resep dan merencanakan perjalanan.

Pembaruan ini juga memberikan tampilan baru untuk File Explorer, menambahkan fitur tulisan tangan bernama Ink Anywhere, dan membawa perbaikan pada alat Snipping serta kontrol pencahayaan RGB.

Selain itu, pengguna Microsoft 365 dapat mendapatkan Copilot seharga $30 per bulan, yang akan membantu mereka dalam tugas-tugas pekerjaan mereka.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI