Google Himbau Pengguna Membuat Passkey Untuk Login Tanpa Password, Ini Alasannya

Google Himbau Pengguna Membuat Passkey Untuk Login Tanpa Password (Sumber : https://blog.google/)

INFOSEMARANG.COM -- Kini Google meminta para pengguna untuk membuat passkey untuk melakukan login ke akun Google mereka.

Hal ini mulai diumumkan Google sejak 10 Oktober 2023 lalu.

Lebih lanjut dijelaskan, passkey ini merupakan sistem login cepat yang nantinya akan memudahkan pengguna sehingga tidak perlu lagi memasukkan kata sandi atau password saat login ke akun Google miliknya.

Baca Juga: Detik-detik Kecelakaan Kereta Api Argo Semeru dan Argo Wilis, Penumpang: Rasanya Gemetar Sekali

Kami menerima tanggapan yang sangat positif dari pengguna, jadi kami membuat passkey lebih mudah diakses dengan menawarkannya sebagai opsi default di seluruh akun Google pribadi pengguna,” tulis Google.

Selain itu, pihak Google juga mengungkapkan bahwa dengan menggunakan passkey ini, pengguna pun tidak wajib menghafalkan kata sandi lagi.

Cara ini pun dinilai lebih aman untuk para pengguna.

Meski sebenarnya teknologi passkey ini sudah diluncurkan Google sejak bulan Mei lalu, namun Google baru mulai gencar menghimbau pengguna untuk menggunakannya per Oktober ini.

Baca Juga: Resmi! LINK LIVE STREAMING Brunei Darussalam vs Timnas Indonesia Leg 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Malam Ini

Cara Mengaktifkan Google Passkey

1. Masuk ke g.co/passkeys lalu klik “Get Started”

2. Kemudian, login ke akun Google dan masukkan password

3. Klik ‘Use Passkey’ atau "Gunakan Passkey"

Baca Juga: 8 Cara Untuk Menjadi Lebih Baik Setiap Hari, Segera Lakukan Mulai Sekarang!

4. Apabila belum ada, pilih "Create Passkey" atau "Buat Passkey"

5. Selanjutnya, masukkan biometrik. Pada bagian ini pengguna akan diminta untuk memasukkan data seperti sidik jari, pindai wajah, atau menggunakan pin.

Nantinya jika pengguna sudah memilih passkey sebagai pilihan untuk login, maka kedepannya pengguna tidak perlu lagi memasukkan kata sandi setiap kali akan masuk ke akun Google miliknya. ***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI