Berkaca dari Kasus dr Qory, Bagaimana Cara Menghadapi Pasangan Gaslighting

Ilustrasi :Seorang wanita di depok jadi tersangka KDRT usai disiksa suami (Sumber : Pexels.com)

INFOSEMARANG.COM - Kekinian, kasus KDRT yang melibatkan dr Qory dengan sang suami tengah jadi sorotan. Belakangan, diketahui bahwa Willy Sulistio suami sang dokter merupakan sosok yang memiliki sifat gaslighting atau manipulatif.

Gaslighting adalah bentuk manipulasi yang membuat seseorang meragukan realitas atau perasaannya. Perilaku ini dapat terjadi dalam berbagai hubungan, termasuk hubungan asmara.

Jika kamu merasa pasanganmu melakukan gaslighting, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapinya:

Cara Menghadapi Pasangan Gaslighting

Baca Juga: Ibu Rinoa Aurora Kaget Anaknya Dianiaya Pacar: Setahu Saya Leon Dozan Itu Sabar

1. Hindari perdebatan

Perdebatan dengan pasangan yang melakukan gaslighting akan sulit untuk dimenangkan. Pelaku gaslighting biasanya akan menggunakan berbagai taktik untuk memutarbalikkan fakta dan membuatmu merasa salah. Oleh karena itu, sebaiknya hindari perdebatan dengan pasanganmu.

2. Tetapkan batasan yang jelas

Beri tahu pasanganmu bahwa kamu tidak akan menerima perilaku gaslightingnya. Tetapkan batasan yang jelas tentang apa yang kamu harapkan dari hubunganmu. Jika pasanganmu melanggar batasan tersebut, beri tahu dia bahwa kamu akan mengambil tindakan.

Baca Juga: Polisi Amankan Komplotan Maling Knalpot Ambulans di Kabupaten Semarang

3. Kumpulkan bukti

Jika pasanganmu melakukan gaslighting, penting untuk mengumpulkan bukti. Bukti ini bisa berupa catatan percakapan, foto, atau video. Bukti tersebut dapat membantumu untuk memperkuat argumenmu jika kamu ingin menghadapi pasanganmu.

4. Cari support dari orang-orang terdekat

Berbicaralah dengan orang-orang terdekat yang kamu percayai. Mereka dapat memberikan dukungan dan nasihat yang kamu butuhkan.

Baca Juga: Separuh Jalan Tertutup! Viral Video Truk Terguling di Tanjakan Trangkil Semarang, Begini Kondisi TKP saat Ini

5. Sayangi dirimu

Hal terpenting yang perlu kamu lakukan adalah menyayangi dirimu sendiri. Ingatlah bahwa kamu tidak bersalah. Kamu tidak perlu merasa bersalah atau malu karena pasanganmu melakukan gaslighting.

Berikut adalah beberapa tips tambahan yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi pasangan gaslighting:

Baca Juga: Sudah Tahu Keberadaan dr Qory Sejak Pertama Kali Hilang, 2 Pihak di Lingkungan Rumah Willy Sulistio Pilih Diam

  • Jangan biarkan pasanganmu mengendalikanmu. Tetaplah menjadi diri sendiri dan jangan takut untuk mengungkapkan pendapatmu.
  • Jangan ragu untuk meminta bantuan profesional. Jika kamu merasa tidak dapat mengatasi gaslighting sendiri, kamu dapat meminta bantuan dari psikolog atau terapis.

Gaslighting adalah perilaku yang berbahaya dan dapat berdampak negatif pada mental dan fisikmu. Jika kamu merasa pasanganmu melakukan gaslighting, penting untuk mengambil tindakan untuk melindungi diri.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI