Indonesia Kembali Kirim Bantuan Obat dan Makanan Untuk Warga Palestina

Indonesia kembali kirim bantuan tahap II berupa obat dan makanan untuk warga Palestina (Sumber : Tangkapan Layar YouTube Kompas TV)

INFOSEMARANG.COM -- Pemerintah Indonesia kembali mengirimkan bantuan untuk warga Palestina pada Senin (20/11/2023) yang dilepas langsung oleh Presiden Joko Widodo melalui Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Pahala Nugraha Mansury, Wakil Menteri Luar Negeri menyampaikan bahwa bantuan yang dikirim kali ini total sebanyak 21 ton dan terdiri dari obat-obatan, makanan, perlengkapan rumah sakit dan keperluan lainnya.

Sejumlah bantuan yang dikirimkan kali ini pun sejalan dengan rekomendasi Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB (UNRWA).

Baca Juga: Resmi! QRIS Bisa Dipakai di Singapura, Begini Caranya

"Bantuan ini yang betul-betul merupakan masukan dari UNRWA. Merupakan bantuan yang sangat diperlukan, khususnya yang terkait alat-alat kesehatan," kata Pahala di Lanud Halim, Senin.

Bantuan tahap II yang dikirimkan Indonesia kali ini setara dengan Rp 31,9 miliar untuk bantuan kemanusiaan.

Adapun bantuan seberat 21 ton tersebut terdiri atas bantuan pemerintah dari dana Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) sebesar 3,3 ton, dan bantuan masyarakat sebesar 18 ton.

Baca Juga: Ini Alasan Polisi Tembakkan Gas Air Mata Saat Suporter Rusuh di Laga Gresik United vs Deltras FC

Selain itu, tak berbeda dengan pendistribusian tahap pertama, nantinya bantuan tahap II yang dikirimkan tersebut akan didistribusikan lewat Bandara El Arish, Mesir, dan diserahkan kepada Bulan Sabit Merah Mesir (Egyptian Red Crescent).

Selanjutnya, Bulan Sabit Merah Mesir kemudian akan memobilisasi bantuan tersebut ke pintu Rafah sebagai satu-satunya akses keluar masuk Gaza dari Mesir. ***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI