Dipecat PDIP, Golkar Usung Bobby Nasution Maju Pilkada: Bebas Pilih Pilgub Sumut atau Pilwakot Medan

Partai Golkar resmi mendukung Bobby Nasution maju sebagai bakal calon gubernur Sumatra Utara atau calon wali kota Medan. (Sumber : instagram.com/bobbynst)

INFOSEMARANG.COM -- Partai Golkar telah resmi mengumumkan dukungannya terhadap Bobby Nasution, menantu Presiden Jokowi, sebagai bakal calon gubernur Sumatra Utara dan calon wali kota Medan berikutnya.

Keputusan ini diumumkan oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, setelah memberikan arahan kepada bakal calon kepala daerah dan bakal calon wakil kepala daerah.

Golkar tidak secara sembarangan mengusung Bobby. Airlangga menjelaskan bahwa Golkar sebelumnya telah menjadi partai pengusung utama saat Bobby mencalonkan diri dalam Pilkada Kota Medan periode sebelumnya.

Baca Juga: Gagal Comeback, Indonesia Hanya Mampu Bermain Imbang 1-1 Lawan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia, juga mengonfirmasi penugasan ganda untuk Bobby.

Pertama, sebagai bakal calon gubernur Sumatra Utara, dan kedua, sebagai bakal calon wali kota Medan.

"Sudah tadi saya bilang, Pak Bobby itu dapat dua surat tugas sebagai bakal calon gubernur Sumut dan juga sebagai bakal calon walikota Medan," kata Doli dikutip dari Antara.

Keputusan untuk memilih tugas mana yang akan diambil oleh Bobby, apakah sebagai calon gubernur atau wali kota, diserahkan sepenuhnya kepada Bobby.

Baca Juga: Jawab Tudingan dr Tifa, Gibran Tunjukan Ijazah S1 Asli ke Media: Biar cepet selesai ya

Golkar akan melakukan penjaringan lebih lanjut terkait nama-nama lain yang diajukan.

"Nah nanti kita akan nilai, nama-nama itu akan kita nilai tiap bulan nanti akan kita evaluasi," ujarnya.

Tentang keanggotaan Bobby di Partai Golkar, Doli menyatakan bahwa keputusan tersebut ada di tangan Bobby.

Golkar, sebagai partai terbuka, membiarkan individu memilih untuk bergabung berdasarkan kesamaan visi dan nilai-nilai yang ingin dibangun.

Baca Juga: 2 Jurnalis Jadi Martir Kena Serangan Bom dari Pesawat Israel, Sempat Unggah Liputan Terakhirnya

Selain mengumumkan dukungan untuk Bobby di Sumatra Utara, Golkar juga mengumumkan tokoh-tokoh lain yang mereka dukung untuk Pilkada mendatang.

Antara lain, Ridwan Kamil sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat, Airin Rachmi Diany sebagai bakal calon gubernur Banten, Khofifah Indar Parawansa sebagai bakal calon gubernur Jawa Timur, dan Ahmed Zaki Iskandar sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta.

Airlangga juga memperkenalkan Paulus Waterpauw sebagai bakal calon gubernur Papua. Sementara untuk Provinsi Jawa Tengah, Airlangga masih merahasiakan siapa tokoh yang akan diusung Partai Golkar.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI