Ibu Hamil di Riau Melahirkan di Speed Boat, Ini Sosok yang Menyelamatkan Nyawa Bayi dan Ibunya

Sebuah video yang viral di media sosial menampilkan seorang warga Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, Riau, yang melahirkan seorang bayi perempuan di atas speed boat Kurnia Jaya pada Minggu (26112023).

INFOSEMARANG.COM -- Proses melahirkan menjadi momen krusial yang membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat, namun apa jadinya jika persalinan terjadi di atas speed boat? Hal tersebut dialami seorang ibu di Pelalawan, Riau, ketika dirinya melahirkan anaknya di atas speed boat saat hendak dirujuk ke RSUD Muhammad Sani.

Sebuah video viral di media sosial menampilkan seorang warga Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, Riau, yang melahirkan seorang bayi perempuan di atas speed boat Kurnia Jaya pada Minggu (26/11/2023). Identitas ibu tersebut belum diketahui.

Ibu ini sedang dalam perjalanan untuk dirujuk ke RSUD Muhammad Sani, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), ketika melahirkan di atas speed boat. Dalam video berdurasi 35 detik, tampak ibu tersebut ditemani oleh beberapa bidan dan perawat dari Puskesmas Kuala Kampar dan Tanjungbatu, Karimun, Kepri.

Baca Juga: 30 Persen Ayah Mengalami Depresi Postpartum Paska Istri Melahirkan

Meskipun persalinan terjadi di atas speed boat, berkat bantuan bidan dan perawat, proses melahirkan berlangsung dengan lancar dan aman. Seorang pria yang merekam video itu mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada bidan yang membantu proses kelahiran istri dan menyatakan bahwa anak mereka dalam kondisi sehat.

Proses melahirkan dilakukan secara normal, dan kondisi ibu beserta bayi dalam keadaan sehat. Petugas Pos KSOP Pelabuhan Sri Tanjung Gelam, Kabupaten Karimun, Cahyono, membenarkan kejadian tersebut. Cahyono menjelaskan bahwa kejadian ini terjadi pada pukul 10.00 WIB pada Minggu (26/11/2023) pagi.

Ibu tersebut awalnya hendak dirujuk ke RSUD Muhammad Sani Karimun, tetapi di perjalanan mengalami bukaan, sehingga proses kelahiran menjadi tak terelakkan. Setelah tiba di pelabuhan, ibu dan bayi segera dibawa ke RSUD Muhammad Sani untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut, dan pihak berwenang telah menyiagakan ambulans setelah mendapatkan laporan dari tekong SP Kurnia Jaya.

Baca Juga: 11 Barang Penting yang Harus Disiapkan Seorang Ibu sebelum Melahirkan

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI