Kisah Mohammad Tamimi Dibalik Jeruji Israel: Rasanya Seperti Mereka Tidak Ingin Kita Bernapas

Galuh Prakasa
Kamis 30 November 2023, 14:32 WIB
Ilustrasi | Kisah Mohammad Tamimi, yang dibebaskan dari penjara Israel setelah delapan bulan keputusasaan. (Sumber : X/PalestinMedia)

Ilustrasi | Kisah Mohammad Tamimi, yang dibebaskan dari penjara Israel setelah delapan bulan keputusasaan. (Sumber : X/PalestinMedia)

INFOSEMARANG.COM -- Setelah delapan bulan mendekam di penjara Israel tanpa dituduh atau diproses, Mohammad Salhab Tamimi, 18 tahun, akhirnya bisa kembali ke keluarganya.

Al Jazeera melaporkan, dia dipulangkan sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran tahanan yang sedang berlangsung saat gencatan senjata.

Wajah remajanya tampak tegang saat ia memeluk orang tuanya dan berdiri, agak bingung, seolah-olah tidak yakin apakah harus berbicara dengan pers atau tidak.

Baca Juga: Segera Dimulai! Cek Jadwal Debat Capres Cawapres Pilpres 2024, Bakal Digelar di Jakarta

Dia telah melewati banyak hal dalam delapan bulan terakhir yang penuh ketidakpastian, siksaan yang semakin meningkat sejak dimulainya operasi Banjir Al-Aqsa pada 7 Oktober.

Hal terakhir yang dikatakan oleh penjaga penjara Israel yang menakutkan adalah bahwa ia akan ditangkap kembali dan dimasukkan kembali ke dalam sel jika keluarga dan teman-temannya menunjukkan tanda-tanda merayakan kepulangannya.

"‘Katakan pada teman-temanmu [mereka berkata]’… Jika kita mengadakan perayaan besar, saya akan kembali ke penjara," kenangnya.

Keluarga Mohammad waspada terhadap pos pemeriksaan militer Israel dan pemukiman ilegal di sebelah rumah mereka.

Keluarganya menyimpan kebahagiaan mereka dengan hati-hati, hanya keluarga inti dan beberapa paman yang hadir saat Mohammad pulang ke rumah.

Meski demikian, tidak ada yang bisa menghentikan senyuman di wajah ibunya, Fatima, dan ayahnya, Murshid, ketika mereka erat memeluk "anak kecil" mereka.

Anak mereka termasuk dalam kelompok keempat tahanan Palestina yang dibebaskan dari penjara Ofer dekat Ramallah pada dini hari Selasa, 28 November 2023.

Baca Juga: MK Tolak Gugatan Mahasiswa UNUSIA Soal Syarat Usia Capres dan Cawapres, Gerindra: Stop Framing Jahat Pencalonan Gibran

Proses Pelepasan Tahanan

Sampai menit terakhir akan dibebaskan, Mohammad tidak yakin apa yang terjadi padanya. Pukul 7 pagi (05:00 GMT) pada Senin, 27 November, seorang penjaga di Penjara Rimon menuntut agar Mohammad bersiap-siap untuk dipindahkan ke Penjara Ofer.

Itu saja; tidak ada yang dikatakan tentang alasan mengapa dia dipindahkan.

Hanya diminta untuk melepaskan pakaian dan menggantinya dengan pakaian kaus abu-abu penjara, dan mengumpulkan semua barang bawaannya.

"Saya meletakkan pakaian saya di salah satu amplop plastik itu dan berjalan ke pintu sel di mana mereka mengunci tangan saya dan memaksa kepala saya turun sehingga saya melihat ke tanah."

"Petugas itu kemudian menendang saya, keras. Sepatu botnya memiliki baja di dalamnya, jadi rasanya seperti dia menginjak kaki saya, itu sangat sakit.

"Dia menyeret saya ke halaman penjara, tetapi, saat dia menyeret saya keluar dari penjara, dia berhenti untuk mengambil pakaian saya dan melemparkannya ke tong sampah. Kemudian, sambil mengutuk saya dengan bahasa kotor, dia menyeret saya keluar," kenang Mohammad terbata-bata.

Mohammad dimuat ke dalam kendaraan transfer tahanan yang dikenal sebagai "bosta" – sebuah van dengan jendela yang ditutup dan sel-sel yang ketat dengan kursi-kursi logam, di mana para tahanan dirantai.

Perjalanan dengan "bosta" berlangsung lebih dari 12 jam. Tidak ada istirahat, makanan, atau istirahat toilet.

"Saya tetap di sel kendaraan tanpa makanan atau minuman sampai setelah tengah malam," kata Mohammad.

Ayahnya dan paman mereka berdiri di luar Ofer, menunggu dia, ketika akhirnya dia dibebaskan pada dini hari Selasa, 28 November 2023, sehingga mereka bisa membawanya pulang ke Hebron di selatan Tepi Barat yang diduduki.

Baca Juga: Link War Tiket GDA Golden Disc Awards di Jakarta Pukul 13.00 WIB, Bumil Hanya Boleh Beli Cat 1 & Cat 2

Kekerasan dalam Penjara Israel

Hal-hal lebih tidak menyenangkan dari biasanya di penjara setelah 7 Oktober, yaitu ketika Hamas melancarkan serangan mendadak dari Gaza ke selatan Israel yang menewaskan sekitar 1.200 orang.

Orang-orang yang ditahan di beberapa lembaga melaporkan mendapat pukulan berat, tidak ada perawatan medis, tidak ada kunjungan pengacara dan keluarga, waktu di halaman, listrik, air, dan perlengkapan kebersihan dari toko penjara.

Setidaknya enam tahanan Palestina meninggal atau dibunuh di tahanan Israel sejak 7 Oktober, termasuk beberapa waktu setelah ditangkap.

Pengeboman terus-menerus Israel terhadap Jalur Gaza setelah serangan Hamas berlangsung selama 48 hari dan menewaskan lebih dari 15.000 warga Palestina, termasuk lebih dari 6.000 anak-anak.

Pada hari ke-49, Jumat, "jeda kemanusiaan" selama empat hari yang diperundingkan oleh Mesir dan Qatar dimulai.

Kedua belah pihak mengatakan mereka akan melepaskan tawanan. Hamas akan melepaskan beberapa orang yang ditahan pada 7 Oktober sebagai imbalan tiga kali lipat warga Palestina yang ditahan dengan dan tanpa alasan di fasilitas tahanan Israel.

Saat pertukaran berlanjut dan optimisme meningkat, gencatan senjata diperpanjang selama dua hari untuk menjaga kelangsungan pertukaran.

Selama hari-hari yang sama ketika melepaskan sekitar 150 tahanan Palestina, Israel menangkap 133 orang, hampir sebanyak itu, dari Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem Timur, menurut asosiasi tahanan Palestina.

Baca Juga: Hebat! Indonesia Kembali Raih Gelar Negara Paling Dermawan di Dunia, 6 Tahun Berturut-turut Pertahankan Peringkat Pertama

Sejak 7 Oktober, Israel melakukan 3.290 penangkapan di daerah yang telah diduduki sejak 1967.

Mohammad bukan orang yang pertama kali dibebaskan yang mengatakan bahwa ada kelebihan penduduk yang ekstrim di penjara Israel.

"Ada 10 tahanan yang dimasukkan ke dalam sel yang hanya memiliki enam tempat tidur. Kami harus menyebarkan selimut atau sesuatu di lantai untuk tidur," katanya.

Jumlah makanan yang diberikan kepada mereka tidak mencukupi, sama seperti untuk enam tahanan, bukan 10. Rekan sel mereka harus membatasi dengan hati-hati makanan yang mereka terima.

Beberapa tahanan juga mendapat cedera ketika penjaga penjara menyerang dua bagian Penjara Rimon.

Selain dari cedera dan kematian yang dilaporkan, Mohammad mengatakan, "Pemerintahan [Israel] sudah hampir memutuskan bahwa mereka akan merendahkan para tahanan, sejak pecahnya Badai Al-Aqsa."

Terputus dari berita dunia luar, para tahanan menemukan diri mereka terlepas dari hampir segala sesuatu, termasuk semua barang yang ada di sel mereka seperti peralatan dan perangkat, yang biasa mereka gunakan untuk membuat suasana menjadi sedikit lebih menyenangkan.

Mereka juga dilarang membeli perlengkapan kebersihan, termasuk deterjen cucian, dan dilarang menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian mereka.

Otoritas penjara juga menjauhkan para tahanan dari satu-satunya tempat yang bisa melepas pengap, yakni halaman penjara, dan mencegah mereka membuat kebisingan apa pun.

"Dulu saya suka melakukan panggilan adzan dari dalam sel saya sehingga seluruh bagian bisa mendengar, tetapi itu juga dilarang.

"Rasanya seperti mereka tidak ingin kita bahkan bernapas."***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Umum05 Oktober 2024, 12:45 WIB

Kesiapan Venue Ajang Peparnas XVII di Solo Dicek Kesiapannya, Besok Dibuka Presiden

Pembukaan resmi Peparnas XVII akan digelar di Stadion Manahan Solo, Minggu, 6 Oktober 2024.


Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengecek kesiapan akhir venue  Perparnas XVII Solo.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 21:01 WIB

Pemkot Semarang Buka Seleksi 2.654 Formasi PPPK

Dalam keputusan tersebut, alokasi formasi sebanyak 2.654 posisi disediakan untuk mengisi jabatan fungsional dan jabatan pelaksana di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.
Pemkot Semarang menetapkan PPPK untuk Tahun Anggaran 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 20:57 WIB

“Symphony Lawang Sewu 2024" Hadirkan Kla Project dan Ruth Sahanaya

Symphony Lawang Sewu ini menjadi selebrasi pertunjukan musik baru di kota Semarang bagi kalangan usia menengah keatas dalam bernostalgia.
Jumpa pers Symphony Lawang Sewu 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Pendidikan04 Oktober 2024, 11:54 WIB

Jawab Tantangan Limbah Mikroplastik, Dosen FTP SCU Semarang Raih Penghargaan di Forum Ilmuan Internasional

IUFoST sendiri merupakan organisasi beranggotakan negara-negara yang memiliki asosiasi profesi ahli teknologi pangan.
Dosen FTP SCU Semarang Dyah Wulandari, Ph.D. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis04 Oktober 2024, 11:40 WIB

Ikapesta Kembali Gelar Wedding Expo 2024 di PRPP Semarang, Catat Tanggalnya

Wedding expo terbesar di Kota Semarang ini akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut pada Kamis 11 Oktober 2024 hingga Minggu 13 Oktober 2024.


Panitia penyelenggara Ikapesta di depan pintu gerbang PRPP Semarang, sebagai tempat penyelenggaraan acara.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Umum03 Oktober 2024, 17:25 WIB

Nana Sudjana Ajak Mahasiswa Berpartisipasi Aktif dalam Pilkada 2024

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meminta kepada para mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam perhelatan Pilkada serentak 2024.
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana  saat menjadi keynote speech pada acara Seminar Kebangsaan di Undip. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:16 WIB

Keren, Kota Semarang Berhasil Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional

Kota Semarang kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK).

Kota Semarang meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata. (Sumber:  | Foto: dok)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:12 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.
Semarang Raya03 Oktober 2024, 16:33 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.  (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis03 Oktober 2024, 07:01 WIB

Paramount Land Gelar Pameran di Ajang ‘Amazing Gading Serpong’ Property Expo 2024, Hadirkan Beragam Promo Menarik

Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’ pada 2-7 Oktober 2024 di West Atrium Living World Alam Sutera, Tangerang.
Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’. (Sumber:  | Foto: Sakti)