Ratusan Pengungsi Rohingya Kembali Mendarat di Aceh, Gelombang ke-9 Sejak November 2023

Ilustrasi | Penampakan warga Rohingya yang terdampar di Aceh (Sumber : instagram @nenktaiment)

INFOSEMARANG.COM -- Sebanyak 315 orang pengungsi Rohingya kembali tiba di Aceh, mendarat di wilayah pesisir Blang Raya, Kabupaten Pidie, dan pantai Blang Ulam, Kabupaten Aceh Besar, pada Minggu, 10 Desember 2023.

"Ada dua kapal Rohingya, satu di daerah Blang Raya, satu lagi di kawasan pantai Blang Ulam Aceh Besar," kata Panglima Laot Aceh, Miftach Tjut Adek, dikutip dari Antara.

Kedatangan pengungsi Rohingya di Pidie terjadi sekitar pukul 03.30 WIB, sementara di Aceh Besar, mereka mendarat sekitar pukul 5.30 WIB.

Baca Juga: Konten Promosi Brand Zara Tuai Kontroversi, Dituding Ejek Kondisi Masyarakat Palestina, Publik: Boikot!

Meskipun sempat dihadapi penolakan dari warga setempat, pengungsi Rohingya terus berusaha dan akhirnya berhasil mendarat di kedua lokasi tersebut.

Terpisah, menurut Kapolsek Muara Tiga, Kabupaten Pidie, Ipda Efendi, jumlah total pengungsi Rohingya di Pidie sekitar 180 orang.

"Jumlah perempuan lebih dominan, yaitu sebanyak 74 orang, sedangkan laki-laki 53 orang, anak laki-laki 26 orang, dan anak perempuan 27 orang," ungkap Efendi.

Sementara itu, di Aceh Besar, Kapolsek Krueng Raya, Rolly Yuiza Away, melaporkan bahwa sekitar 135 orang pengungsi Rohingya mendarat di sana, namun belum ada rincian jumlah pengungsi.

Posisi kapal pengungsi cukup jauh, sekitar satu kilometer dari tempat mendarat.

Mereka turun dan berjalan kaki menuju tempat yang menjadi singgahannya.

Baca Juga: Sedang Berlangsung! Madura United vs Barito Putera: Link Live Streaming, Prediksi Skor, Susunan Pemain, H2H

Perlu diketahui, kedatangan pengungsi Rohingya hari ini merupakan gelombang ke-9 ke Aceh sejak November 2023.

Mereka mendatangi beberapa titik, termasuk empat gelombang di Kabupaten Pidie, satu gelombang di Bireuen, satu gelombang di Aceh Timur, dua gelombang di Kota Sabang, dan satu gelombang terakhir di Aceh Besar.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI