Apa Itu Cadaver? Dikaitkan dengan Temuan 2 Mayat Misterius di Kampus Unpri Medan

Ilustrasi : Temuan 2 mayat di kampus Unpri Medan dikaitkan dengan dugaan cadaver mahasiswa Fakultas Kedokteran. (Sumber : pixabay.com)

Heboh penemuan 2 mayat di dalam bak air yang ada di atap kampus Universitas Prima Indonesia (Unpri) Medan pada Selasa 12 Desember 2023, diduga cadaver.

INFOSEMARANG.COM - Apa itu cadaver yang dikaitkan dengan temuan 2 mayat yang diletakkan di dalam bak air di atap kampus Universitas Prima Indonesia (Unpri) Medan, Selasa 12 Desember 2023.

Diberitakan, seorang pria menemukan 2 mayat yang sudah membusuk diduga sengaja disimpan di dalam bak air yang berlokasi di atap kampus Unpri. Video penemuan mayat ini lantas sampai ke tangan polisi.

Namun terjadi kejanggalan saat polisi hendak melakukan pemeriksaan di lokasi kejadian. Pihak kampus disebut-sebut enggan memberi izin polisi untuk menggeledah lantaran tak ada surat perintah resmi.

Baca Juga: Hoaks Temuan 2 Mayat di Kampus, Mahasiswa Unpri Medan Sebut Hanya Manekin

Dua mayat ini lantas dikaitkan dengan cadaver. Cadaver merupakan tubuh manusia yang sudah mati atau jasad yang biasa dipakai untuk praktikum mahasiswa kedokteran, mengutip dari Wikipedia.

Biasanya digunakan untuk mempelajari anatomi, mengidentifikasi penyakit dan ilmu kedokteran lainnya yang mempelajari bedah mayat yang merupakan bagian dari pendidikan.

Bagaimana cara mendapatkan cadaver? Secara legal, cadaver ini bisa didapatkan dari tempat pemakaman umum dengan bekerja sama dengan dinas terkait. Pihak yang membutuhkan cadaver akan membayar sejumlah uang tertentu untuk meminjam sementara jasad sebagai bahan penelitian.

Setelah selesai penelitian, maka pihak yang meminjam cadaver wajib mengembalikan jasad tersebut ke tempat pemakaman seperti semula.

Pembelian cadaver secara legal biasanya dilengkapi dengan surat-surat resmi sebagai bentuk perizinannya. Jasad yang digunakan pun biasanya merupakan jasad seorang ODGJ, gelandangan atau orang tanpa identitas.

Sesaat sebelum digunakan penelitian, cadaver ini biasanya disimpan dalam cairan formalin untuk proses pengawetan.

Diketahui, Unpri Medan memiliki Fakultas Kedokteran. Kampus ini juga memiliki rumah sakit bernama RS Universitas Royal Prima.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI