Saat Debat Capres Perdana Diunggulkan Anies Baswedan, Aplikasi JAKI Malah Berujung Diretas

Bacapres Anies Baswedan mengklaim jika aset harta kekayaannya paling kecil di acara Bacapres Bicara Gagasan di UGM Yogyakarta, Selasa 19 September 2023. (Sumber : YouTube Najwa Shihab)

INFOSEMARANG.COM - Momen tak terduga terjadi usai saat debat capres berlangsung, di mana Anies Baswedan sempat membahas perihal keunggulan aplikasi JAKI atau Jakarta Kini.

Namun siapa sangka, setelah diunggulkan pada debat capres perdana aplikasi JAKI malah diretas oleh pihak tak bertanggung jawab.

Seperti kita ketahui, memang aplikasi JAKI ini dirilis oleh Anies Bawwedan sang calon presiden (capres) urutan 1 saat dirinya menjabat sebagai Gubernur DKI.

Baca Juga: Debat Capres, Anies Singgung Pencalonan Gibran Melibatkan Masalah Etik di MK, Prabowo: Kalau Rakyat Tidak Suka, Nggak Usah Pilih Kami

Menurutnya, aplikasi JAKI ini bisa menjadi jawaban atau solusi atas segaka permasalahan publik.

Ketika diretas semalam, Selasa (11/12), dari tangkapan layar yang beredar, terlihat aplikasi JAKI diretas dengan tampilan berbeda.

"Halo Warga Jakarta selamat malam!!! Barusan JAKI dimentuin di debat Pilpres nih, wah sorry to say, but aplikasi jnj tampaknya tidak terlalu diurus kenyataannya dari segi teknologi," ungkap sang hacker.

Blak-blakan, sang peretas mengatakan jika aplikasi JAKI hanyalah tempalate sehingga tidak bisa digunakan sungguhan.

Baca Juga: Saling Serang Prabowo-Anies Saat Debat Capres, Anies: Prabowo Tak Tahan Jadi Oposisi

"Hampir seluruh Jakarta menggunakan aplikasi ini dengan semua izin yang di-allow di perangkatnya dan i admit it, aplikasi ini keren tapi belum cukup layak disebut terobosan teknologi jika ada cacat di sisi keamanan datanya yang mengancam privasi seluruh penggunaannya," imbuhnya.

Saat debat capres berlangsung, Anies Baswedan masih mengunggulkan aplikasi JAKI guna memenuhi kebutuhan sederet golongan khusus masyarakat seperti anak, penyandang disabilitas hingga ibu hamil.

"Prioritaskan pada pelayanan mereka yang rentan, satu penyandang disabilitas, dua perempuan terutama ibu hamil, ketiga anak-anak dan lansia itu prioritas," ungkap Capres pasangan Cak Imin itu.

Ke depan, Anies Baswedan bermaksud untuk mengembangkan pelayanan serupa dengan aplikasi JAKI.

Baca Juga: Terungkap Motif RA Aniaya Keponakan Kekasihnya di Condet: Rewel Ganggu Tersangka Saat Akan Berhubungan Asmara

Sebagai percontohan ia menyebutkan bahwa nantinya akan ada super apps berupa pelaporan kejadian untuk kemudian akan segera ditindak lanjuti.

"Contoh, bila lapor pohon tumbang, maka kami akan berikan arahan kepada jajaran berapa jam harus beres. ketika dikatakan ada laporan tentang peristiwa X maka berapa jam harus beres," sebut Anies Baswedan.

Demikian berita tentang aplikasi JAKI diretas usai dibanggakan Anies Baswedan saat debat capres perdana. Bagaimana menurut pendapat kalian?

 

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI