Paus Fransiskus Izinkan Gereja Lakukan Pemberkatan Pasangan LGBT, Tapi Tegaskan Bukan Sakramen Perkawinan

Paus Fransiskus Setujui Permberkatan Pasangan Sesama Jenis Tapi Tegaskan Bukan Sakramen Perkawinan (Sumber : via ussfeeds/AFP)

INFOSEMARANG.COM -- Baru-baru ini Pasu Fransiskus menyatakan bahwa vatikan telah memperbolehkan para pastor atau Romo untuk memberikan pemberkatan kepada pasangan sesama jenis.

Tentu hal ini dinilai sebagai kemajuan bagi dan untuk kaum LGBT yang menganut agama Katolik Roma.

Pasu Fransiskus mengatakan bahwa sekarang pastor-pastor diizinkan untuk memberkati pasangan-pasangan sesama jenis dan “tidak biasa”, namun dengan melihat adanya situasi-situasi tertentu terlebih dahulu.

Baca Juga: Sadis! Gegara Sakit Hati, Kakak Adik di Cipulir Nekat Bunuh Pasutri

Adapun Paus Fransiskus menegaskan bahwa pemberkatan ini tidak menjadi bagian dari ritual atau liturgi gereja biasa.

Berkat-berkat ini tidak melegitimasi situasi yang tidak biasa tetapi melambangkan penerimaan Tuhan.

Selain itu, aturan baru ini juga ingin memperjelas bahwa pemberkatan pasangan sesama jenis tidak sama dengan sakramen perkawinan yang merupakan upacara formal.

Vatikan sendiri tetap melihat pernikahan sebagai hubungan yang terjalin di antara laki-laki dan perempuan.

Baca Juga: Resmi! Jonathan Majors Pemeran Kang the Conqueror Dipecat MCU, Begini Nasib Avengers: The Kang Dynasty Milik Marvel

Sehingga para pastor nantinya diharapkan melihat hal ini sebagai tanda bahwa “Tuhan menerima segalanya", namun tidka dengan dokumen, di mana dokumen tersebut mengatakan bahwa para pastor harus mengambil keputusan berdasarkan kasus per kasus.

Melansir dari BBC, Kardinal Victor Manuel Fernández, prefek Gereja Vatikan, mengatakan deklarasi baru ini tetaplah “tegas mengenai doktrin tradisional Gereja tentang pernikahan". ***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI