Waduh! Jakarta Disebut Peringkat Pertama Kota yang Akan Tenggelam Tahun 2100, Jadi Alasan Jokowi Pindahkan Ibukota?

Jakarta Disebut Peringkat Pertama Kota yang Akan Tenggelam Tahun 2100, Jadi Alasan Jokowi Pindahkan Ibukota? (Sumber : instagram.com/jerhemynemo)

INFOSEMARANG.COM -- Sejumlah pemberitaan mengabarkan bahwa beberapa kawasan pesisir diperkirakan akan tenggelam pada tahun 2100 mendatang.

Tenggelamnya kota-kota ini diprediksi akibat naiknya permukaan air laut yang perlahan-lahan merambah ke area pantai akibat peningkatan suhu efek dari pemanasan global.

Tak hanya itu, alasan lainnya adalah karena pemompaan air tanah yang berlebihan sehingga menciptakan perubahan tekanan dan volum yang menyebabkan daratan tenggelam.

Baca Juga: NASA Ungkap Akan Ada Badai Matahari Terbesar Akhir Tahun 2023, Warganet: Arahkan Ke Israel

Berkaca dari fenomena tersebut, sebanyak 11 kota di dunia diprediksi akan tenggelam dan menghilang pada 2100 mendatang.

Adapun prediksi ini tidak dapat dipandang sebelah mata karena salah satu di antaranya adalah Jakarta yang berada di puncak posisi.

Hingga kini diketahui pula bahwa Jakarta juga telah mengalami penurunan tanah hingga 6,7 inci per tahun karena efek pemompaan air tanah yang berlebihan. Aktivitas pemompaan ini menyebabkan perubahan tekanan dan volum yang membuat tanah semakin lama semakin rendah.

"Sebagian besar kota Jakarta dapat terendam air pada 2050 mendatang", tulis prediksi World Economic Forum, dikutip Kamis (21/12/2023).

Baca Juga: 5 Wisata Semarang Hits dan Instagramable Terbaru 2023, Cocok Jadi Destinasi Libur Nataru

Berikut daftar 11 kota yang diprediksi akan tenggelam pada tahun 2100, yang dilansir dari World of STatistics di X.

1. Jakarta, Indonesia
2. Lagos, Nigeria
3. Houston, Texas
4. Dhaka, Bangladesh
5. Venisia, Italia
6. Pantai Virginia, Virginia
7. Bangkok, Thailand
8. New Orleans, Louisiana
9. Rotterdam, Belanda
10. Alexandria, Mesir
11. Miami, Florida

Baca Juga: Kronologi Siswi SD di Bandung Diculik oleh Kenalannya di Medsos dan Dijual Kepada 20 Pria Hidung Belang lewat MiChat

Mengutip dari @mimi.julid, salah satu langkah pemerintah yang kini dirasa tepat yakni dengan adanya rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN.

Langkah ini tentu akan memakan waktu yang cukup lama, bahkan mungkin sekitar 10 tahun dan menelan biaya fantastis.

Di sisi lain, meskipun hanya sebuah prediksi namun nyatanya memang saat ini sebagian wilayah Jakarta sudah berada di area yang lebih rendah dari permukaan laut, yakni salah satunya di wilayah Jakarta Utara. ***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI