Fakta dan Profil FX Yapan, Bupati Kutai Barat yang Jadi Sorotan Setelah Ajudannya Lakukan Kekerasan ke Sopir Truk

FX Yapan, Bupati Kutai Barat (Sumber : Instagram/@fxyapan)

INFOSEMARANG.COM - Profil FX Yapan, Bupati Kutai Barat belakangan tengah ramai disorot publik, usai beredar video sang ajudan lakukan kekerasan terhadap seorang sopir truk

Fransiskus Xaverius Yapan atau yang lebih dikenal dengan nama FX Yapan adalah Bupati Kutai Barat, Kalimantan Timur, periode 2016-2021 dan 2021-2024. Ia lahir di Besiq, Damai, Kutai Barat, pada tanggal 18 Juli 1958.

FX Yapan merupakan putra daerah Kutai Barat. Ia menempuh pendidikan dasar di SDN Besiq, SMP Katolik Barong Tongkok, dan SMA Katolik Samarinda. Setelah lulus SMA, ia melanjutkan pendidikannya di Universitas 17 Agustus Samarinda dan meraih gelar Sarjana Hukum pada tahun 1989.

Setelah lulus kuliah, FX Yapan bekerja sebagai Humas PT Rimba Karya Rayatama (RKR). Pada tahun 1999, ia terpilih menjadi Anggota DPRD Kutai Kartanegara. Pada tahun 2000, ia terpilih kembali menjadi Anggota DPRD Kutai Barat.

Baca Juga: Kasus Positif COVID-19 di Kota Semarang Naik Lagi, Stok Vaksin INAVAC Tersisa 40 Dosis

Pada tahun 2004, ia terpilih menjadi Ketua DPRD Kutai Barat untuk periode pertama. Ia terpilih kembali menjadi Ketua DPRD Kutai Barat untuk periode kedua pada tahun 2009, dan periode ketiga pada tahun 2014.

Pada tahun 2015, FX Yapan berpasangan dengan Edyanto Arkan maju dalam Pilkada Kutai Barat. Pasangan ini berhasil memenangkan pemilu dengan perolehan suara 52,1%.

Baca Juga: Mudah! Begini Cara Daftar Supaya Bisa Beli Elpiji 3 Kg, Wajib Terdaftar Sebelum 1 Januari 2024

FX Yapan dan Edyanto Arkan resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kutai Barat pada tanggal 20 April 2016.

Selama menjabat sebagai Bupati Kutai Barat, FX Yapan telah banyak melakukan pembangunan di berbagai bidang, seperti infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan pariwisata. Ia juga berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kutai Barat.

Baca Juga: Balita 4 Tahun Meninggal Tercebur Kolam di Masjid Raya Al Jabbar, Pj Gubernur Jabar Soroti Kurangnya Pengamanan

Pada tahun 2021, FX Yapan kembali maju dalam Pilkada Kutai Barat bersama Edyanto Arkan. Pasangan ini kembali memenangkan pemilu dengan perolehan suara 61,14%. FX Yapan dan Edyanto Arkan resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kutai Barat untuk periode kedua pada tanggal 21 April 2021.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI