Apa Itu SGIE yang Jadi Sorotan Usai Ditanyakan Gibran ke Cak Imin?

Apa Itu SGIE yang Jadi Sorotan Usai Ditanyakan Gibran ke Cak Imin? (Sumber : Tangkapan layar YouTube KPU RI)

INFOSEMARANG.COM -- Pada debat calon wakil presiden atau debat cawapres yang digelar pada Jumat (22/12/2023) kemarin, sosok Gibran Rakabuming Raka yang sempat diragukan kemampuannya pun dinilai mampu membantah hal tersebut.

Salah satu momen menarik pada debat cawapres semalam yakni adanya pertanyaan dari Gibran yang menanyakan terkait SGIE.

Pertanyaan terkait SGIE tersebut dilontarkan Gibran kepada cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau yang juga kerap disapa Cak Imin.

Baca Juga: Terungkap Motif Ayah Bunuh 4 Anaknya di Jagakarsa Disebut Gegara Istrinya Selingkuh dengan 3 Pria, Ada Bukti?

Namun sayangnya Cak Imin mengaku tidak familiar dengan istilah tersebut.

Saya gak paham SGIE apa? Saya tidak pernah mendengar istilah ini.” ujar Cak Imin.

Lantas apa itu SGIE?

SGIE merupakan singkatan dari State of the Global Islamic Economy, yakni sebuah laporan tahunan yang membahas terkait kondisi Ekonomi Islam atau Halal secara global.

Adapun laporan ini diluncurkan oleh DinarStandard di Dubai, Uni Emirat Arab.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Varian JN.1 Kian Meningkat, Kemenkes Ungkap 41 Kasus di RI

Lalu, mengapa SGIE ini menjadi hal yang penting?

Mengutip dari teknologi_id, hal tersebut karena SGIE sendiri menjadi panduan utama untuk para eksekutif, investor, pejabat pemerintah hingga pengusaha yang terlibat dalam Ekonomi Islam sejak tahun 2013.

Selain itu, SGIE juga dinilai memiliki tujuan yang sangat mulia dimana dapat menginspirasi dan memberdayakan para pemimpin bisnis, pengusaha dan pejabat peemrintah dalam mengembangkan strategi yang fokus pada Ekonomi Islam global.

Baca Juga: TWS Adik SEVENTEEN Bakal Debut Januari 2024, Ciri Khas Pledis: Nama Grup Tak Sesuai Jumlah Member

Hal tersebut juga dapat membuka pintu bagi yang lebih banyak lagi untuk hal inovasi, investasi dan kemajuan yang dapat membawa manfaat bagi masyarakat Muslim dan dunia secara keseluruhan.

Namun demikian, Gibran pun menjelaskan terkait SGIE ini dalam debat tersebut dan lebih lanjut bertanya, langkah apa yang akan diambil Cak Imin bersama Anies Baswedan guna memperkuat posisi Indonesia dalam hal ini. ***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI