Wali Kota Balikpapan Bantah Klaim Cak Imin Sulit Listrik dan Air Bersih, Begini Kondisinya

Galuh Prakasa
Selasa 26 Desember 2023, 09:10 WIB
Ilustrasi | Walikota Balikpapan bantah klaim Cak Imin soal kesulitan listrik dan air bersih. (Sumber : Instagram/reza.doxc)

Ilustrasi | Walikota Balikpapan bantah klaim Cak Imin soal kesulitan listrik dan air bersih. (Sumber : Instagram/reza.doxc)

INFOSEMARANG.COM -- Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, menyanggah pernyataan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin tentang Kota Balikpapan yang disebut sulit mendapatkan listrik, akses air bersih, dan jalan rusak dalam debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Jumat, 22 Desember 2023 malam.

Rahmad Mas'ud menegaskan bahwa pernyataan tersebut tidak akurat dan berdasar pada data yang salah. Ia menekankan pentingnya untuk memeriksa data sebelum menyampaikan informasi.

Menurutnya, kondisi Kota Balikpapan sebagai penunjang Ibu Kota Negara (IKN) sangat baik.

Baca Juga: Relawan Prabowo-Gibran di Madura Ditembak Orang Tak Dikenal Pas Lagi Ngopi

“Itu salah data, keliru. Harusnya sebelum menyampaikan, (Cak Imin) lihat data dulu. Makanya, dia sampaikan itu tidak tepat. Kondisi Kota Balikpapan sebagai penunjang Ibu Kota Negara (IKN) sangat baik” kata Rahmad Mas'ud dikutip dari Antara, Senin, 25 Desember 2023.

Rahmad menyatakan bahwa pasokan listrik di Kota Balikpapan sangat mencukupi, dan mati listrik jarang terjadi kecuali saat perawatan atau gangguan non-teknis.

Pasokan listrik dihubungkan dengan Unit Induk Pembangkit Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT), yang mengintegrasikan listrik dari tiga provinsi: Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah.

Dengan total daya 2.369 megawatt dan beban penggunaan mencapai 1.545 megawatt, Kota Balikpapan masih memiliki kelebihan daya sekitar 800 megawatt.

Terkait akses air bersih, Rahmad menjelaskan bahwa kebutuhan air untuk Balikpapan dipenuhi oleh dua waduk, yaitu Waduk Manggar dengan suplai normal 1.100 liter per detik dan Bendungan Teritib dengan produksi normal 200 liter per detik.

Baca Juga: 10 Ucapan Selamat Tahun Baru Bahasa Korea, Anti Mainstream Cocok Untuk Status Media Sosial

Tambahan pasokan air diharapkan dari Embung Aji Raden dengan produksi normal 150 liter per detik yang terintegrasi dengan Bendungan Teritib.

Rahmad menyebut bahwa peningkatan kebutuhan air di Balikpapan terkait pembangunan IKN jelang upacara 17 Agustus 2024. Namun, pembangunan IKN juga memberikan tambahan pasokan air dari Bendungan Sepaku Semoi hingga 500 liter per detik.

Wali Kota Balikpapan menekankan upaya terus-menerus untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan membuat Kota Balikpapan menjadi tempat tinggal yang sangat layak.

Rahmad menambahkan bahwa Balikpapan tengah melakukan berbagai perbaikan sebagai kota penunjang IKN, termasuk penanganan banjir dan infrastruktur.

Sebelumnya, dalam debat Cawapres, Muhaimin Iskandar menyatakan keprihatinan terhadap tiga kota di Kalimantan, termasuk Balikpapan, yang dinilainya kurang mendapatkan perhatian dan mengalami ketimpangan di tengah pembangunan IKN di Kalimantan Timur.***

Follow Berita Info Semarang di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Umum05 Oktober 2024, 12:45 WIB

Kesiapan Venue Ajang Peparnas XVII di Solo Dicek Kesiapannya, Besok Dibuka Presiden

Pembukaan resmi Peparnas XVII akan digelar di Stadion Manahan Solo, Minggu, 6 Oktober 2024.


Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengecek kesiapan akhir venue  Perparnas XVII Solo.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 21:01 WIB

Pemkot Semarang Buka Seleksi 2.654 Formasi PPPK

Dalam keputusan tersebut, alokasi formasi sebanyak 2.654 posisi disediakan untuk mengisi jabatan fungsional dan jabatan pelaksana di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.
Pemkot Semarang menetapkan PPPK untuk Tahun Anggaran 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Semarang Raya04 Oktober 2024, 20:57 WIB

“Symphony Lawang Sewu 2024" Hadirkan Kla Project dan Ruth Sahanaya

Symphony Lawang Sewu ini menjadi selebrasi pertunjukan musik baru di kota Semarang bagi kalangan usia menengah keatas dalam bernostalgia.
Jumpa pers Symphony Lawang Sewu 2024. (Sumber:  | Foto: Dok)
Pendidikan04 Oktober 2024, 11:54 WIB

Jawab Tantangan Limbah Mikroplastik, Dosen FTP SCU Semarang Raih Penghargaan di Forum Ilmuan Internasional

IUFoST sendiri merupakan organisasi beranggotakan negara-negara yang memiliki asosiasi profesi ahli teknologi pangan.
Dosen FTP SCU Semarang Dyah Wulandari, Ph.D. (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis04 Oktober 2024, 11:40 WIB

Ikapesta Kembali Gelar Wedding Expo 2024 di PRPP Semarang, Catat Tanggalnya

Wedding expo terbesar di Kota Semarang ini akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut pada Kamis 11 Oktober 2024 hingga Minggu 13 Oktober 2024.


Panitia penyelenggara Ikapesta di depan pintu gerbang PRPP Semarang, sebagai tempat penyelenggaraan acara.
 (Sumber:  | Foto: Sakti)
Umum03 Oktober 2024, 17:25 WIB

Nana Sudjana Ajak Mahasiswa Berpartisipasi Aktif dalam Pilkada 2024

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meminta kepada para mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam perhelatan Pilkada serentak 2024.
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana  saat menjadi keynote speech pada acara Seminar Kebangsaan di Undip. (Sumber:  | Foto: dok Humas Jateng.)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:16 WIB

Keren, Kota Semarang Berhasil Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional

Kota Semarang kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK).

Kota Semarang meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata. (Sumber:  | Foto: dok)
Semarang Raya03 Oktober 2024, 17:12 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.
Semarang Raya03 Oktober 2024, 16:33 WIB

Banyak Keluhan Warga Terkait "Cumi-cumi Darat", Yoyok Sukawi Buktikan Sendiri Saat Naik BRT

Banyak warga yang menyebutnya cumi-cumi darat, karena BRT Trans Semarang saat ini banyak yang kondisinya tak terawat dan mengeluarkan asap hitam saat melaju di jalanan.
Yoyok Sukawi menjajal pelayanan Bus Rapid Trans (BRT), Kamis 3 Oktober 2024.  (Sumber:  | Foto: Sakti)
Bisnis03 Oktober 2024, 07:01 WIB

Paramount Land Gelar Pameran di Ajang ‘Amazing Gading Serpong’ Property Expo 2024, Hadirkan Beragam Promo Menarik

Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’ pada 2-7 Oktober 2024 di West Atrium Living World Alam Sutera, Tangerang.
Paramount Land menggelar pameran properti bertajuk ‘Amazing Gading Serpong Property Expo 2024’. (Sumber:  | Foto: Sakti)