Cek Fakta Gibran Rakabuming Pakai 3 Mic saat Debat Cawapres, Ternyata Ini yang Sebenarnya Terjadi

PDIP Sebut Mengompori, Begini Respon Gibran Usai Kena Tegur KPU (Sumber : Tangkapan layar YouTube KPU RI)

INFOSEMARANG.COM - Momen Gibran Rakabuming yang terbilang mengejutkan di debat capres beberapa waktu lalu masih ramai disorot oleh publik.

Seperti kita ketahui, setelah lama bungkam dan panen ejekan dengan pernyataan kontroversi, Gibran Rakabuming terbilang sukses mematahkan hal itu melalui debat cawapres kemarin 22 Desember 2023.

Namun tetap saja, tidak sedikit sejumlah pihak yang menuduh Gibran Rakabuming melakukan kecurangan.

Baca Juga: Asik! Hadiah Natal, Narapidana Korupsi Raih Remisi Khusus, Termasuk Eks Mensos Juliari Batubara

Seperti salah satunya yakni Roy Suryo sang Pakar Telematika.

Melalui cuitan akun Twitter @KRMTSuryo1, ia mengatakan bahwa kecurangan telah dilakukan oleh anak sulung Presiden Jokowi itu.

"Kemarin sdh saya duga, Utk menghindari CHEATING, Sebaiknya next KPU ADIL. Kenapa si No 2 ini sampai gunakan 3 (TIGA) MIC sekaligus: 1. Clip-on, 2. Hand-held & 3. Head-set ? Apa gunanya juga ada EARPHONE ? SIAPA yg bisa FEEDING ke Telinganya ? Mengapa 2 Calon yg lain BEDA ? AMBYAR," cuitnya.

Tapi siapa sangka, oleh Kominfo berita hoaks yang disebarkan Roy Suryo itu langsung dibantah dengan pernyataan berikut.

Baca Juga: Gunung Semeru Siaga: Waspada Banjir Lahar Dingin, Awan Panas, dan Guguran Lava

"Dilansir dari situs turnbackhoax.id, klaim yang menyebutkan bahwa cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka menggunakan 3 mic dan berbeda dengan dua cawapres lainnya adalah salah. Faktanya, cawapres nomor urut 01, Muhaimin Iskandar, serta cawapres nomor urut 03, Mahfud MD, juga menggunakan alat yang sama," tulis Kominfo.

Baca Juga: 3 Tempat Wisata Gratis di Kota Semarang yang Instagramable, Cocok Buat Medsos

"Dengan yang digunakan oleh cawapres nomor 2, Gibran Rakabuming Raka pada sesi Debat Cawapres Pilpres 2024 yang dilaksanakan pada 22 Desember 2023. Dilansir dari salah satu video YouTube milik KPU RI, pada 1:43:54, terlihat ketiga cawapres mengenakan alat yang sama, yaitu clip-on yang terpasang di dada dan mic di telinga," pungkasnya.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI