Lukas Enembe Meninggal Dunia, Ini Profil dan Jejak Karier Sang Mantan Gubernur Papua yang Terjerat Kasus Korupsi

JPU tuntut Lukas Enembe pidana penjara 10 tahun 6 bulan. (Sumber : Polri)

INFOSEMARANG.COM - Lukas Enembe, mantan Gubernur Papua, meninggal dunia pada Selasa, 26 Desember 2023, di Gatot Soebroto Army Hospital, Jakarta, pada usia 56 tahun. Ia meninggal dunia karena gagal ginjal.

Lukas Enembe lahir di Kampung Ebungfau, Distrik Yigi, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, pada tanggal 27 Juli 1967. Ia merupakan putra dari pasangan Enembe Wenda dan Yostina Wenda.

Lukas Enembe menempuh pendidikan dasar di SD Negeri Ebungfau dan SMP Negeri Yigi. Ia kemudian melanjutkan pendidikan menengah atas di SMA Negeri I Wamena. Setelah lulus SMA, ia melanjutkan pendidikan di Universitas Cendrawasih, Jayapura, dan meraih gelar Sarjana Ilmu Pemerintahan pada tahun 2000.

Baca Juga: Libur Nataru Harga Naik: Daftar Tiket Masuk Wisata Kota Semarang, Lawang Sewu, Sam Poo Kong dll

Lukas Enembe memulai karier politiknya sebagai Wakil Bupati Puncak Jaya pada tahun 2001. Ia menjabat sebagai Wakil Bupati selama dua periode, yaitu hingga tahun 2006. Pada tahun 2006, ia maju sebagai Calon Gubernur Papua, namun kalah dari Barnabas Suebu.

Pada tahun 2013, Lukas Enembe kembali maju sebagai Calon Gubernur Papua. Kali ini, ia berhasil memenangkan pemilihan dan menjabat sebagai Gubernur Papua selama dua periode, yaitu hingga tahun 2023.

Baca Juga: Resep Chicken Yakitori, Sate Ayam ala Jepang untuk Kuliner Malam Tahun Baru

Selama menjabat sebagai Gubernur Papua, Lukas Enembe banyak melakukan pembangunan di berbagai bidang, seperti infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Ia juga mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua.

Namun, Lukas Enembe juga menghadapi sejumlah tantangan, seperti konflik bersenjata dan separatisme. Ia berupaya untuk menyelesaikan konflik tersebut melalui pendekatan dialog dan rekonsiliasi.

Baca Juga: Resep Chicken Yakitori, Sate Ayam ala Jepang untuk Kuliner Malam Tahun Baru

Pada tahun 2023, Lukas Enembe kembali maju sebagai Calon Gubernur Papua. Namun, ia kalah dari Calon Gubernur Petahana, Barnabas Suebu.

Pada tanggal 26 Desember 2023, Lukas Enembe meninggal dunia di Gatot Soebroto Army Hospital, Jakarta, karena gagal ginjal. Ia meninggalkan seorang istri, Yulce Wenda, dan tiga orang anak.

Kematian Lukas Enembe merupakan kehilangan besar bagi masyarakat Papua. Ia merupakan sosok pemimpin yang berpengalaman dan memiliki dedikasi tinggi untuk memajukan Papua.

Namun seperti kita ketahui, pada akhirnya Lukas Enembe menjadi tersangka kasus TPPU yang kekinian perkaranya masih ditangani oleh pihak KPK.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI