Soal MNC Group Jadi Penyiar Debat Capres Ketiga, Cak Imin Singgung Netralitas Hary Tanoe

Cak Imin pertanyakan netralitas MNC Group jika jadi penyiar debat capres ketiga (Sumber : instagram @terang_media)

INFOSEMARANG.COM - Calon Wakil Presiden nomor urut satu, Muhaimin Iskandar, yang akrab disapa Cak Imin, mengungkapkan keberatannya terkait MNC Group yang akan menjadi penyiar debat ketiga dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

MNC Group, yang dimiliki oleh Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo, dikenal sebagai pendukung Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Polemik terkait MNC Group sebagai penyelenggara debat capres ketiga pertama kali mencuat dari kubu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: Jokowi Turut Berduka Atas Kepergian Rizal Ramli, Beri Pujian Selangit Sebut Ekonom yang Cerdas dan Aktivis Kritis

Cak Imin menegaskan bahwa keberatan tersebut sejalan dengan concern terhadap independensi stasiun televisi dalam siaran.

Dalam konteks ini, ia meminta agar semua stasiun televisi memastikan menjaga independensinya.

"Sama dengan yang keberatan, karena menyangkut independensi sebuah televisi siaran. Karena itu, buktikan kepada seluruh TV siaran untuk menjaga independensinya," ujar Cak Imin di Penjaringan, Jakarta Utara, pada Selasa (2/1/2024).

Baca Juga: Tak Terima! PDI Perjuangan Tuntut Usut Kasus Penaniayaan Kader, singgung TNI-Polri: Nagara Harus Netral!

Cak Imin menekankan pentingnya menjaga independensi lembaga penyiaran selama Pilpres 2024.

Dia juga menyoroti perlunya Komisi Pemilihan Umum (KPU) mendengarkan keluhan yang berkembang di masyarakat terkait polemik yang melibatkan MNC Group.

"Kita harap MNC membuktikan bahwa dia menjadi independen, kalau tidak bisa membuktikan, memang protes itu harus didengar KPU," tegas Cak Imin.

Baca Juga: Fakta Terbaru Dibalik Kecelakaan Japan Airlines Setelah Gempa Bumi dan Tsunami

Grace Natalie, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, sebelumnya juga mengeluarkan permintaan kepada KPU untuk meninjau kembali peran MNC Group sebagai penyelenggara debat.

"Ini mungkin belum resmi, tapi memang kalau melihat penyelenggara dari debat ketiga nanti itu semuanya MNC Group dan mengingat pemilik dari MNC, Pak Hary Tanoe adalah ketua umum partai yang hari ini mendukung salah satu paslon 3, rasanya sih lebih baik ditimbang ulang oleh KPU," ucap Grace di Lounge Saphire Bandara Soekarno Hatta, pada Minggu, 31 Desember 2023.

Pada debat ketiga Pilpres 2024 yang dijadwalkan pada Minggu, 7 Januari 2024, semua stasiun televisi milik MNC Group, termasuk MNC TV, iNews, RCTI, dan GTV, akan menjadi penyelenggara.

Baca Juga: Daftar Pemenang Seoul Music Awards di Bangkok, NCT Dream Menang Daesang

Terdapat sejumlah perbedaan dengan debat-debat sebelumnya, yang melibatkan stasiun televisi dan radio dari grup media yang berbeda.

Debat pertama diselenggarakan oleh TVRI dan RRI, sementara debat kedua melibatkan Trans TV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV, dan BTV.

Debat keempat dihadirkan oleh SCTV, Indosiar, dan MetroTV, sedangkan debat kelima melibatkan TVOne, ANTV, Net TV, dan Garuda TV.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI