Kapal Berisi 16 Nelayan Asal Rembang Tenggelam Di Perairan Karimunjawa, 9 Selamat, 7 Orang Masih DIcari

Tim SAR melakukan pencarian nelayan yang tenggelam di perairan Karimunjawa. (Sumber: | Foto: sakti)

SEMARANG, INFOSEMARANG.COM - Sebuah kapal nelayan KM. Soneta  asal Rembang dengan dengan 16 awak buah kapal (ABK) mengalami kecelakaan dan tenggelam di perairan Karimunjawa Jepara. Kejadian tersebut terjadi pada Kamis 11 Juli 2024 lalu sekira pukul 13.00 WIB dan menenggelamkan seluruh muatannya termasuk ke-16 ABKnya.

"Kami terima informasi dari pemilik kapal bahwa KM. Soneta tenggelam di utara Karimunjawa beserta 16 ABKnya dan saat ini kami sudah mengirimkan tim dari KN. SAR Sadewa untuk melakukan pencarian," ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang, Budiono, Sabtu 13 Juli 2024.

KM. Soneta diketahui berangkat melaut pada tanggal 6 Juli 2024 untuk mencari ikan di perairan utara Jawa. Namun, saat berada di atas perairan Karimunjawa, tepatnya 11 Juli sekira pukul satu siang kecelakaan itu terjadi. Beruntung sembilan ABKnya berhasil ditemukan saat terombang-ambing oleh kapal nelayan KM. Bintang Barokah asal Tegal yang kebetulan melintas, sedangkan tujuh lainnya belum diketahui keberadaannya.

"Tim tadi sudah melakukan pencarian ke arah barat dan timur dari TKP sejauh 4 nautical mile namun belum membuahkan hasil. Sementara malam ini kapal sandar di pelabuhan Karimunjawa dan akan melanjutkan pencarian esok hari," terang Budiono.

"Belum diketahui penyebab tenggelamnya kapal karena ABK yang selamat belum bisa dimintai keterangan karena masih perjalanan ke pelabuhan Tegal. Rencananya besok pencarian akan diperlebar lagi hingga 6 nautikal mil dari LKP," lanjutnya.

Adapun data nama ke 16 ABK tersebut adalah :

Yang sudah diketemukan:

1. Khamim

2. Nur Cholis

3. Sumardi

4. Sulaimin

5. Andik

6. Derman

7. Jaidi

8. Muntari

9. Damuri

Data korban yg masih dalam pencarian:

1. Sujadi

2. Darkim

3. Kismun

4. Nur Nawawi

5. Sarju

6. Sugiono

7. Sunardi

"Saat ini telah bergabung dengan kami dari Lanal, Polair, SROP Semarang, Rembang, Jepara dan Karimunjawa. Untuk ombak sendiri berkisar antara 1 sampai dengan 1,5 meter. Semoga besok ombak cukup landai dan usaha tim SAR gabungan membuahkan hasil," jelasnya.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI