Naparidana Lapas Nusakambangan Racik Bunga Rosela Jadi Minuman Berkhasiat Menyehatkan

Minuman racikan karya napi lapas Nusakambangan. (Sumber: | Foto: dok)

BATANG, INFOSEMARANG.COM- Minuman segar Burostik, singkatan dari bunga rosela cantik, diperkenalkan sebagai produk inovatif yang dihasilkan oleh para narapidana di Lapas Narkotika Nusakambangan, Cilacap.

minuman ini resmi dikenalkan kepada masyarakat dalam acara Khaul Bawang di Masjid Jami, Kecamatan Bawang Kabupaten Batang, Minggu 28 Juli 2028.

Rastra Eka Rikianto, staf kegiatan kerja Lapas Narkotika Nusakambangan, menjelaskan bahwa Burostik terbuat dari bunga rosela yang diproses secara alami tanpa bahan kimia.

“Kami menggunakan gula sebagai pengawet alami. Produk ini sudah mengantongi izin dari Dinas Kesehatan dan bersertifikat PIRT, mencakup selai, teh, dan sirup,” katanya.

Menurut Rastra, Burostik memiliki berbagai khasiat kesehatan, seperti menurunkan tensi dan meningkatkan imunitas.

“Rasa asamnya berasal dari bunga rosela itu sendiri, bukan dari fermentasi,” tambahnya.

Proses pembuatan Burostik dimulai dengan penjemuran bunga rosela menggunakan oven plastik UV, yang memanfaatkan sinar matahari mirip metode green-house. Proses pengeringan ini berlangsung selama lima hingga tujuh hari.

Dalam pemasaran, produk Burostik dijual melalui kerjasama dengan Disdikpora Cilacap dan pegawai daerah.

“Kami melibatkan sepuluh narapidana untuk penanaman dan pemetikan bunga rosela. Setiap hari kami melakukan panen,” ujarnya.

Produksi Burostik juga melibatkan empat hingga lima orang untuk pemasakan dan pemilahan bunga rosela.

“Dari 1 kilogram bunga rosela basah, kami mendapatkan sekitar 428 gram bunga kering yang siap diproses,” jelas Rastra.

Produk ini juga melalui uji laboratorium ketat berkat kerjasama dengan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dan Dinas Kesehatan.

Minuman segar Burostik dari Lapas Narkotika Nusakambangan menjadi bukti bahwa kreativitas dan kerja keras para narapidana dapat menghasilkan produk berkualitas yang bermanfaat bagi kesehatan masyarakat. ***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI