8 Tips Aman dan Nyaman Mudik Lebaran Menggunakan Pesawat, Nomor 3 Jangan Diabaikan

Ilustrasi mudik lebaran menggunakan pesawat (Sumber : freepik)

INFOSEMARANG.COM - Dua minggu sebelum tibanya Hari Raya Idul Fitri 2023, persiapan atau bahkan aktivitias mudik lebaran sudah mulai dilakukan.

Dari beberapa pilihan, mudik lebaran menggungakan moda transportasi pesawat adalah salah satu yang butuh persiapan matang.

Meski jalur udara tidak akan mengalami kemacetan panjang, tetapi mudik lebaran dengan menggunakan pesawat tetap harus mempersiapkan segalanya.

Baca Juga: Selain Film Buya Hamka, Ini Rekomendasi Film Biografi Tokoh Nasional Indonesia Lainnya!

Berikut adalah 8 tips mudik lebaran menggunakan pesawat agar aman serta nyaman selama perjalanan.

1. Pesan Tiket Pesawat dari Jauh Hari

Agar anda merasa tenang dan tidak terburu-buru memesan tiket sebelum kehabisan mengingat permintaan tiket pesawat saat mudik cenderung meningkat.

Ada baiknya anda memesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari sebelum arus mudik ramai, selain itu beberapa maskapai selalu menawarkan promo diskon untuk tiket pesawat mudik lebih awal hal itu bisa dimanfaatkan untuk menghemat biaya.

Baca Juga: Berkah Ramadhan! Promo Diskon Tiket Kereta untuk Mudik Lebaran 2023 dari PT KAI, Sudah Bisa Dipesan Mulai Hari Ini, Cek Informasi Lengkapnya!

2. Persiapkan Barang dengan Teliti dan Rapi

Saat anda mudik pastikan barang yang anda bawa mencukupi seberapa lama anda akan menetap di kampung halaman.

Tata pakaian kedalam koper dengan rapi selalu teliti dengan barang hendak dibawa dan di cek kembali sehingga tidak ada barang yang tertinggal.

3. Pisahkan Barang Berharga

Perlu diperhatikan untuk tidak menyimpan barang berharga anda ke dalam koper untuk menghindari kehilangan barang berharga dalam koper atau kasus koper tertinggal. Anda bisa memisahkan barang berharga pada tas berbeda serta tidak memasukan ke dalam bagasi pesawat.

Baca Juga: THR Belum Cair Padahal Lebaran Sebentar Lagi? Jangan Khawatir, Ini Posko THR2023 untuk Pengaduan

4. Berangkat Lebih Awal

Bila anda tinggal di perkotaan ada baiknya berangkat ke bandara lebih awal untuk menghindari keterlambatan ketika hendak mudik menggunakan pesawat. Disarankan berangkat sekurang-kurangnya 2-3 jam sebelum keberangkatan agar tidak terburu-buru dan nyaman di perjalanan.

5. Lakukan check-in Secara Online

Jika barang bawaan anda tidak banyak atau hanya membawa satu koper atau tas saat mudik, sebaiknya anda tidak memasukan koper atau tas tersebut ke dalam bagasi pesawat. anda bisa menggunakan fasilitas check-in secara online agar lebih nyaman dan tidak memakan waktu lama.

6. Perhatikan Boarding Pass

Boarding pass adalah dokumen akses untuk menaiki pesawat di dalamnya berisi informasi penting tentang informasi pesawat.

Boarding Pass diberikan pihak maskapai penerbangan kepada penumpang yang telah melakukan konfirmasi keberangkatan atau check in. Selalu perhatikan Gate serta Boarding TIme sehingga tidak ketinggalan pesawat.

7. Pisahkan Boarding Pass dan KTP

Pihak maskapai akan meminta beberapa kali agar menunjukkan boarding passmu beserta KTP sebagai identitas untuk memastikan bahwa anda adalah orang sesuai dengan yang tertera pada boarding pass.

Dianjurkan anda untuk memisahkan boarding pass dan juga KTP di tas terpisah supaya memudahkan untuk mengambilnya.

Baca Juga: Jadwal Pelayanan Ekspedisi Saat Hari Raya Idul Fitri Lebaran 2023: JNE, J&T, TiKi, SiCepat, dan Lainnya, Apakah Ada Libur?

8. Perhatikan dan Patuhi Arahan Awak Kabin

Sebelum pesawat lepas landas awak kabin akan menjelaskan tentang standar keselamatan.

Hal ini perlu dilakukan apabila terjadi sesuatu anda bisa melakukan tindakan keselamatan selalu perhatikan seluruh instruksi yang diberikan agar perjalanan mudik anda terasa aman dan nyaman.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI