Viral Kasus Ponpes Panji Gumilang Diduga Ajarkan Hal Menyimpang, Ridwan Kamil akan Beri Konsekuensi jika Tak Kooperatif

Viral video Pemilik Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang, marahi 3 aparat berpakaian preman. (Sumber : Instagram @bekasikepo)

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memperingatkan pemilik Ponpes Al-Zaytun, Panji Gumilang untuk bisa kooperatif terkait pemeriksaan ponpesnya yang dianggap memiliki ajaran menyimpang.

INFOSEMARANG.COM - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, meminta agar Panji Gumilang kooperati selama ponpes miliknya diperiksa.

Hal ini ditegaskan Kang Emil melalui laman Instagramnya, Senin 19 Juni 2023 malam, dengan mengimbau agar pihak ponpes tidak berkelit saat petugas datang.

Diketahui, Kang Emil mengerahkan tim investigasi dari Pemprov Jakarta Bara, untuk melakukan pemeriksaan Ponpes Al-Zaytun selama 7 hari hari.

Kang Emil juga menegaskan akan ada konsekuensi hukum dan administrasi jika pihak Ponpes Al-Zaytun tidak bisa diajak bekerjsama.

Baca Juga: Viral Video Panji Gumilang Labrak Aparat Berpakaian Preman saat Massa Indramayu Demo di Ponpes Al-Zaytun

Begini unggahan Kang Emil selengkapnya:

POLEMIK PESANTREN AL ZAYTUN INDRAMAYU,

Akan ditindaklajuti dengan menugaskan Tim Investigasi dari Pemprov Jawa Barat, untuk bertugas selama 7 hari untuk mencari fakta dan tabayun kepada pihak pengelola pesantren. Tim mulai bekerja besok Selasa 20 Juni 2023.

Saya meminta pihak Pesantren Al Zaytun untuk kooperatif dan memberikan jawaban seluas-luasnya. Jika tidak kooperatif maka akan ada konsekuensi hukum dan administrasi terkait eksistensi lembaga pendidikan dibawah binaan Kementrian Agama.

Semua langkah ini adalah seadil-adilnya proses yang kami akan lakukan, mengingat ada 5000-an siswa yang akan terdampak oleh setiap keputusan hukum yang menyertai proses ini.

Demikian yang bisa saya sampaikan kepada masyarakat, terkait penanganan polemik dan kontroversi yang terjadi di Pesantren Al Zaytun ini.

Hatur Nuhun.

Baca Juga: Ridwan Kamil Janji Dampingi Kasus Viral Guru Muda Pangandaran Speak Up Soal Pungli:Saya Meminta...

Diberitakan sebelumnya, viral video Pemilik Pondok Pesantren Al-Zaytun, Panji Gumilang, yang melabrak seorang pria mengaku aparat penegak hukum.

Tiga pria yang berpakaian tanpa seragam tersebut mengaku datang dari Bandung untuk melakukan pantauan di Ponpes milik Panji Gumilang.

Panji pun meradang karena ada petugas dari wilayah lain yang datang lantaran sudah ada aparat dari wilayah setempat yang berjaga.

Momen tersebut terjadi bersamaan dengan unjuk rasa yang dilakukan ribuan warga Indramayu di Ponpes Al-Zaytun, Kamis 15 Juni 2023.

Terlihat pada video, Panji Gumilang mendatangi ketiga aparat dari Bandung yang sedang berada di sebuah warung.

Ia kemudian menggertak dan memarahi ketiga aparat itu di muka umum.

***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI