Benarkah Hewan Kurban Jadi Kendaraan Kelak di Akhirat? Simak Kesahihan Dalilnya Menurut Ustadz Adi Hidayat Berikut ini

ilustrasi hewan kurban (Sumber : pexels.com)

INFOSEMARANG.COM - Ibadah kurban pada saat momen Idul Adha merupakan sunnah yang sangat dianjurkan bagi setiap muslim.

Ibadah kurban memiliki banyak keutamaan serta pelajaran yang bisa dipetik dalam pelaksanaan ibadah tersebut.

Barangkali sudah sering kita dengar ada sebuah dalil yang menyebut kan bahwa hewan yang kita kurbankan di dunia akan menjadi kendaraan kita di akhirat kelak.

Baca Juga: Video Liburan Syahnaz Sadiqah dan Rendy Kjaernett di Tana Toraja kembali Viral, Netizen:Sinyal Dari Dulu

Lantas, benarkah dalil itu ada dalam salah satu riwayat hadits sahih? Ustadz Adi Hidayat pernah memberikan penjelasan terkait hal ini.

"Ada riwayat yang disandarkan kepada Rasulallah SAW dengan kalimat 'gemukkanlah, baguskanlah hewan-hewan sembelihan kalian, karena sesungguhnya hewan-hewan yang disembelih itu nanti akan datang di hari kiamat menjadi kendaraan kalian melewati (jembatan) shirat," kata UAH dalam salah satu ceramahnya di kanal Youtube Adi Hidayat Official.

Namun, Ustadz Adi Hidayat lebih lanjut mengatakan bahwa riwayat terkait tidak memiliki kekuatan soal hadits. Artinya kata UAH, bahwa dalil tersebut bersifat lemah melalui sanadnya.

Baca Juga: Tampil 'Pede' Saat Timnas Indonesia Melawan Argentina, Marselino Ferdinan Disebut Top Talent oleh Jurnalis Asing

Meskipun demikian, Ustadz Adi Hidayat mengatakan bahwa beberapa ulama berpendapat bisa jadi riwayat tentang ‘kendaraan’ yang disebutkan hanyalah sebuah majas atau kiasan.

"Sering kali ungkapan-ungkapan dalam bahasa Arab itu sering kali bermakna kiasan, apa maksudnya? Hewan-hewan ini jika kita bisa mencari yang paling bagus paling baik, ini yang akan memudahkan kita di akhirat," lanjutnya.

Yang dimaksud hewan paling baik menurut Ustadz Adi Hidayat di atas adalah hewan yang jika kita punya anggaran berlebih maka carilah hewan kurban yang gemuk yang bermanfaat bagi orang banyak.

Baca Juga: Argentina Cuma Menang Tipis, Permainan Timnas Indonesia Dapat Pujian dari Media dan Netizen Malaysia

"Itu yang menjadikan pahala bisa berlipat, dengan pahala berlipat mizannya semakin kuat senakin berat, dan dengan semakin berat ini maka itulah yang berpeluang menghadirkan ridho Allah SWT sehingga mempercepat kita melewati shirat. Barangkali ini yang dimaksudkan menjadikan 'kendaran', dalam konteks amalnya," kata Ustadz Adi Hidayat.***

 

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI