Apa Benar Wanita yang Hendak Berkurban Saat Idul Adha Tidak Boleh Menyisir Rambut? Simak Penjelasan Berikut Agar Tak Salah Paham

Ilustrasi wanita sisir rambut (Sumber : freepik)

INFOSEMARANG.COM - Melaksanakan ibadah kurban pada saat Idul Adha tentu harus mengikuti kaidah-kaidah Islam yang telah disyariatkan.

Dalam pelaksanaan kurban Idul Adha juga terdapat beberapa larangan yang diperuntukkan bagi yang hendak melaksanakan tersebut.

Salah satu larangan yang mungkin sudah banyak diketahui adalah tidak diperbolehkannya memotong kuku atau menggunting rambut sebelum hewan kurbannya disembelih.

Baca Juga: Isu Perselingkuhan Syahnaz Sadiqah Viral, Jeje Govinda Minta Lady Nayoan Hapus Unggahan Insta Story

Lantas, apakah ini berarti berlaku juga untuk rambut yang rontok atau jatuh tanpa disengaja?

Problem tersebut mungkin lebih sering dialami wanita berambut panjang yang tanpa disengaja sering mengalami kerontokan rambut ketika sedang menyisir.

Nah, dari kasus di atas, apakah artinya tidak boleh wanita menyisir rambut ketika ia hendak berkurban saat Idul Adha?

Baca Juga: Lady Nayoan Ungkap Hubungan dengan Syahnaz Sadiqah, Berteman Dekat dan Sering Main FTV Bareng?

Terkait hal tersebut, Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimullah pernah berkata:

"Apabila seorang wanita perlu menyisir rambutnya dengan sisir di sepuluh hari awal Dzulhijjah ini padahal ia berniat untuk berkurban, maka tidak mengapa ia menyisir rambutnya. Hanya saja, sisirlah dengan lembut! Apabila ada rambut yang rontok tanpa disengaja maka ia tidak berdosa" (Majmu Fatwa 25/146).

Jadi bisa disimpulkan, tidak mengapa wanita menyisir rambut ketika ia hendak berkurban, tetapu lakukanlah dengan hati-hati agar tak ada rambut yang rontok. Wallahu a'lam.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI