Putra Pendiri NU Sebut Al Zaytun Sudah Menyimpang dari Aswaja :Alirannya Beda...

Sosok KH Muhammad Hasib Wahab (Sumber : NU Online)

INFOSEMARANG.COM-- Anak pahlawan nasional dan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Abdul Wahab Chasbullah, KH Hasib Wahab Hasbullah ikut komentari soal Ponpes Al Zaytun.

Seperti diketahui Al Zaytun sedang mendapat sorotan karena dugaan ajaran sesat yang dilakukan pimpinannya, Panji Gumilang.

Dilansir suara.com, Kiyai Hasib menyebut, aliran paham keagamaan dan kebangsaan yang dianut oleh Pesantren Al Zaytun berbeda dengan aliran paham Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja).

Baca Juga: Tim Investigasi Pemerintah Provinsi Jabar Sebut Al Zaytun Tak Kooperatif

Adapun Aswaja adalah bentuk yang banyak dianut oleh mayoritas umat Islam di Indonesia.

"Dilihat dari latar belakang pemikirannya  itu kan memang suatu pengejawantahan daripada kelanjutan negara Islam (NII)," katanya seperti dikutip Infosemarang.com pada 25 Juni 2023.

"Jadi, otomatis alirannya beda dengan Aswaja yang moderat seperti yang diakui di Indonesia," lanjutnya.

Baca Juga: Disebut Tim Gercep, dr. Richard Lee Ngaku Lady Nayoan yang Menghubunginya Lebih Dulu

Lebih lanjut, Kiai Hasib menduga, keyakinan pimpinan Al Zaytun Panji Gumilang terhadap ideologi Pancasila hanyalah kamuflase untuk menutupi maksud lain dibaliknya.

Menurutnya, Pesantren Al Zaytun sudah layak menerima dugaan sebagai salah satu pusat gerakan NII yang mengajarkan ideologi yang radikal dan menyimpang.

"Jangan-jangan Pancasilanya itu merupakan suatu kamuflase atau bagaimana," ucapnya.

Baca Juga: Drawing Piala Dunia U-17 2023 Bakal Digelar di Jakarta, FIFA Siap Bahas Soal Stadion yang akan Dipakai, Stadion GBK Termasuk?

"Tapi niat pertamanya itu yaitu, supaya membentuk suatu generasi penerus yang Wahabi lah, dalam arti paham yang keras," lanjutnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang ini mengatakan, dulu Al-Zaytun menjadi kuat karena dilindungi oleh pemerintah Orde Baru.

Namun, menurutnya, sekarang ini masyarakat sudah lebih cerdas dan informasi serba terbuka.

Baca Juga: FIX! Dieng Culture Festival 2023 Resmi Dibatalkan, ini Penyebabnya

Sehingga sulit untuk ditutupi dan harus segera diselesaikan.

Ia menegaskan kembali bahwa jika pun Al Zaytun atau Panji Gumilang nantinya terbukti tidak melanggar undang-undang dan mengakui Pancasila sebagai ideologi, itu hanyalah kamuflase saja.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI