Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies dalam Survei IPN, Erick Thohir Disebut Sebagai Cawapres Paling Cocok

Prabowo ungguli Ganjar dan Anies dalam Survei IPN. (Sumber : Gerindra)

INFOSEMARANG.COM -- Lembaga riset Indikator Publik Nasional (IPN) baru-baru ini merilis hasil survei terbaru mengenai elektabilitas calon presiden untuk Pemilu 2024.

Menurut survei tersebut, Prabowo Subianto masih berada di posisi terdepan dibandingkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Dalam simulasi tiga besar, Prabowo mendapatkan dukungan sebesar 42,3 persen, diikuti oleh Ganjar Pranowo dengan 37,4 persen dan Anies Baswedan dengan 17,96 persen.

Terdapat juga 3,3 persen responden yang belum memutuskan pilihan mereka sama sekali. Hasil ini diungkapkan oleh peneliti senior IPN, Ike Sihotang, dalam acara daring di Jakarta pada hari Senin.

Selain elektabilitas, survei ini juga mengukur tingkat keterkenalan dan ketersukaan terhadap para calon presiden.

Baca Juga: KEREN! Pandawara Sukses Gerakan 1000 Masyarakat Turut Bersihkan Pantai Terkotor di Lampung, Warganet Puji Aksinya

Prabowo mendapatkan tingkat keterkenalan tertinggi sebesar 91,7 persen, diikuti oleh Sandiaga Uno dengan 90,7 persen.

Anies Baswedan mendapatkan tingkat keterkenalan sebesar 82,1 persen, sementara Ganjar Pranowo sebesar 82 persen.

Selanjutnya, dalam variabel ketersukaan, Prabowo kembali menduduki peringkat pertama dengan skor 79,2 persen, diikuti oleh Anies Baswedan dengan 60,7 persen, dan Ganjar Pranowo dengan 60,3 persen.

Namun, Sandiaga Uno mendapatkan skor elektabilitas sebesar 37,9 persen, kalah dengan Ridwan Kamil yang mendapat 40,6 persen dan Agus Harimurti Yudhyono (AHY) dengan 38,4 persen.

Tidak hanya itu, IPN juga melakukan riset untuk mengetahui siapa calon wakil presiden yang paling cocok mendampingi ketiga calon presiden tersebut.

Bakal cawapres pontensial pendamping Prabowo, beberapa nama yang muncul adalah Erick Thohir dengan skor 20,6 persen, Gibran Rakabuming Raka dengan skor 19,1 persen, Muhaimin Iskandar dengan 8,7 persen, Khofifah Indar Parawansa dengan 8,0 persen, dan Ridwan Kamil dengan 8,0 persen.

Baca Juga: Puji Prabowo, Effendi Simbolon Kena Panggil Dewan Kehormatan PDIP

Sementara itu, untuk mendampingi Ganjar Pranowo, nama-nama yang muncul adalah Sandiaga Uno dengan 14,7 persen, Ridwan Kamil dengan 13,5 persen, Erick Thohir dengan 11,7 persen, Puan Maharani dengan 7,9 persen, dan Jenderal TNI (purn) Andika Perkara dengan 7,2 persen.

Kemudia Anies Baswedan, calon wakil presiden yang dianggap potensial adalah AHY dengan 17,7 persen, Khofifah Indar Parawansa dengan 13,0 persen, Ahmad Heryawan dengan 4,8 persen, dan Yenny Wahid dengan 4,2 persen.

Survei IPN dilakukan dari tanggal 17 hingga 27 Juni 2023 dengan melibatkan 1.200 responden dari 34 provinsi yang memiliki hak suara atau berusia minimal 17 tahun.

Metodologi yang digunakan dalam survei ini adalah multistage random sampling dengan margin of error sebesar 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI