Profil Budi Arie Setiadi, Mantan Jurnalis yang Kini Jadi Menteri Komunikasi dan Informatika

Profil Budi Arie Setiadi, Mantan Jurnalis yang Kini Jadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Sumber : instagram.com/jokowi)

INFOSEMARANG.COM -- Presiden Joko Widodo telah resmi melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), di Istana Negara, Jakarta, pada pagi hari ini (17/6/2023).

Dilantiknya Budi Arie Setiadi ini untuk menggantikan Johnny G.Plate.

Pelantikan Budi sebagai Menkominfo dilakukan berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 62/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Baca Juga: Pria Bertopi Maling Motor Beserta Bakul Keranjang Milik Penjual di Pasar Genuk, Aksinya Terekam CCTV

Meski jarang terekspos oleh media massa, namun sosok Budi Arie Setiadi ternyata dulunya adalah seorang jurnalis.

Untuk lebih mengenal sosok Budi Arie Setiadi ini, berikut profil Menkominfo yang baru saja dilantik tersebut.

Budi Arie Setiadi lahir di Jakarta pada 20 April 1969.

Sejalan dengan jabatan yang diembannya saat ini, Budi Arie Setiadi merupakan lulusan S1 perguruan tinggi negeri dengan jurusan Ilmu Komunikasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia.

Baca Juga: BAHAYA! Modus Penipuan Kirim File Undangan Pernikahan.apk Disebar Lewat Chat Whatsapp, Ini yang Terjadi Jika Sampai di Instal

Sedangkan untuk gelar S2, Budi Arie Setiadi mengambil jurusan Manajemen Pembangunan Sosial di kampus yang sama.

Pada tahun 1996 hingga 2001, diketahui Budi Arie Setiadi bekerja sebagai jurnalis di media Kontan.

Selain itu, beliau juga menjabat sebagai Ketua ILUNI UI Jakarta dan menjadi pendiri Gerakan Sarjana Jakarta (GSJ)dan MasyarakatProfesional Indonesia (MPI).

Padatahun 2005 hingga 2010, beliau menjabat sebagai Kepala Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta dan menjadi Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta.

Baca Juga: Jelang Penayangan Film Barbie 2023, Google Kini Bertabur Bintang-bintang Pink!

Pada tahun 2008 hingga 2009, Budi Arie menjabat sebagai Pemimpin Utama Tabloid Bangsa.

Selanjutnya pada tahun 2010-2014, beliau menjabat sebagai Direktur PT Daya Mandiri.

Sejak tahun 2009 hingga 2014, beliau menjabat sebagai Direktur PT Sarana Global Informasi serta Direktur Utama NKE Investama.

Sedangkan sejak tahun 2011 hingga 2014, Budi Arie Setiadi juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Mitra Lumina Indonesia.

Baca Juga: Anaknya Disuruh Foto Sama Kambing, Viral Curhatan Orang Tua Murid Baru Ngeluh saat Pecahkan Teka-teki MPLS

Sedangkan pada tahun 2013, Budi Arie Setiadi telah menjadi Ketua Umum dan Pendiri Projo (kelompok relawan darat pendukung Joko Widodo).

Hingga pada tahun 2019 sampai saat ini, beliau diketahui tengah menjabat sebagai Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) serta menjadi Dewan Penasihat Ikatan Alumni UniversitasIndonesia (ILUNI).

Selain melantik Menteri Kominfo, Presiden Joko Widodo juga melantik Nezar Patria sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika untuk sisa masa jabatan 2019-2024. ***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI