Mengenal Apa Itu TIU? Materi yang Diujikan Pada Seleksi CPNS 2023

Ada tahapan berikutnya setelah lolos tes CPNS yang berupa latihan dasar (Sumber : bkn.go.id)

INFOSEMARANG - Tak hanya mempersiapkan dokumen untuk registrasi CPNS 2023, sejumlah tes tentu harus juga dilalui oleh para pelamar. Di antaranya yakni ada tes SKB dan SKD.

Sebagai informasi, di dalam tahapan SKD terdapat ujian bidang Tes Intelegensi Umum atau lebih dikenal dengan istilah TIU.

Bagi Anda yang baru tahun ini mengikuti tes CPNS 2023, berikut akan kami jelaskan perihal apa itu TIU dan materi apa saja yang akan diujikan.

Baca Juga: Daftar Instansi dan Formasi CPNS 2023 yang Mewajibkan Lampiran Sertifikat TOEFL Prediction

Dikutip dari berbagai sumber, TIU sendiri merupakan tahapan CPNS atau tes yang harus dilalui oleh pelamar.

TIU sendiri diberlakukan sebagai salah satu tahapan seleksi CPNS 2023 guna mengukur seberapa jauh kemampuan numerik atau logika berhitung, kemudian kemampuan penalaran, hingga kemampuan verbal dari para calon ASN.

Tujuan dari diberlakukannya TIU

Diberlakukannya TIU sendiri memiliki tujuan untuk menilai peserta terkait seberapa jauh pengetahuan, kemampuan verbal, numerik, dan figural serta pengimplementasiannya dalam bekerja.

Baca Juga: Panduan Mudah Lengkapi Data di Portal SSCASN untuk Pelamar CPNS 2023

Dengan hasil TIU, instansi dapat melihat lebih jelas kelebihan dan kekurangan dari pelamar terkait pekerjaan yang dilakukan lengkap beserta kualitas individu.

Materi CPNS 2023

  • Kemampuan Numerik

1. Perbandingan kuantitatif memiliki tujuan untuk mengukur kemampuan individu ketika menarik kesimpulan terkait data kuantitatif

2. Analisis kuantitatif individu juga akan diberlakukan saat pelamar mengerjakan soal cerita dalam TIU

3. Ada pula soal deret angka di mana peserta diharuskan memecahkan soal mengenai pola hubungan angka

4. Soal hitungan sederhana juga terdapat pada TIU guna mengukur kemampuan perhitungan dari individu atau peserta.

Baca Juga: Cocok untuk Persiapan Tes CPNS! Simak Rekomendasi Link Latihan TPA Online Berikut Ini

  • Kemampuan Figural

1. Terdapat soal serial yang harus dikerjakan oleh peserta. Soal ini bertujuan guna mengukur kemampuan peserta dalam melihat pola hubungan yang berbentuk gambar.

2. Ada juga soal analogi, di mana peserta akan diuji terkait prbandingan dua gambar dan juga hubungannya untuk menentukan konsep atau keputusan dalam sebuah situasi.

3. Berikutnya yakni soal ketidaksamaan yang bertujuan mengukur kemampuan peserta dalam ketelitian melihat perbedaan dalam sejumlah gambar.

Baca Juga: Sudah Jadi PPPK, Apakah Boleh Mendaftar CPNS 2023? Begini Loh Aturannya

  • Kemampuan Verbal

1. Silogisme menjadi salah satu ciri-ciri soal TIU yang bertujuan guna menilai kemampuan menarik kesimpulan atas dua pernyataan dari peserta

2. Selanjutnya yakni soal Analitis yang diterapkan untuk menilai kemampuan analisis serta menarik kesimpulan dari peserta

3. Terakir yakni ada soal analogi, di mana kemampuan bernalar peserta akan diuji melalui tes perbandingan antara dua konsep yang memiliki hubungan tertentu.

Nah, itu dia tadi pengertian tes TIU yang biasanya terdapat pada tes CPNS 2023. Semoga informasi mengenai TIU ini bermanfaat untuk Anda ya!

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI