Data Scientist Jadi Salah Satu Formasi yang Dibutuhkan di CPNS 2023, Apa Bedanya dengan Data Analyst?

apakah PPPK bisa ikut daftar seleksi CPNS 2023? (Sumber : SSCASN BKN)

INFOSEMARANG - Seleksi CPNS 2023 seperti kita ketahui sebentar lagi akan dilaksanakan, sejumlah formasi berpotensi dibuka dan bocorannya beberapa sudah mulai tersebar ke publik, seperti salah satunya yakni data scientist.

Kendati terdengar asing, Anda wajib tahu apa itu profesi data scientist yang kekinian cukup banyak dibutuhkan oleh instansi baik pemerintahan maupun swasta.

Tak cuma fokus pada playanan dasar seperti formasi tenaga kesehatan atau guru, kekinian CPNS 2023 dan PPPK juga membutuhkan talenta digital untuk pemerintahan yang lebih maju.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu TIU? Materi yang Diujikan Pada Seleksi CPNS 2023

Oleh karenanya, tidak heran jika profesi data scientist menjadi salah satu formasi yang kemungkinan akan dibuka pada CPNS 2023 kali ini.

Transformasi digital yang semakin maju, mengharuskan pemerintah juga bergerak melakukan inovasi termasuk menempatkan sejumlah formasi seperti misalnya data scientist.

Dihimpun dari sejumlah sumber, data scientist sendiri merupakan profesi di mana seorang individu memiliki keahlian dan bertugas mengumpulkan serta menganalisis data.

Data yang dikumpulkan dan dianalisis oleh data scientist, menurut laman Kementerian Keuangan bisa tidak terstruktur maupun terstruktur.

Baca Juga: Daftar Instansi dan Formasi CPNS 2023 yang Mewajibkan Lampiran Sertifikat TOEFL Prediction

Sebelum menjadi data scientist terdapat sejumlah tahapan yang harus dilalui termasuk memiliki keterampilan sebagai data analis.

Agar mudah membedakannya, kita bisa mengistilahkan dengan ringkas di mana data scientis merupakan individu yang memprediksi masa depan berdasarkan data mengguna algoritma Machine Learning.

Sedanggkan data analisis merupakan seseorang yang memecahkan masalah dengan data.

Gaji data scientist

Baca Juga: Kuotanya Capai Satu Juta! Simak Rincian Lengkap Formasi CPNS 2023 Berikut di Bawah Ini

Mulai tahun 2020, kebutuhan data scientist semakin meningkat di sejumlah daerah termasuk berbagai belahan dunia.

Untuk pemula sendiri di Indonesia, gaji seseorang yang berprofesi sebagai data scientis bisa mencapai Rp 7 hingga 10 juta.

Sedangkan untuk profesional atau pakar yang sudah ahli di bidang data scientist dapat memeroleh gaji di atas Rp 10 jutaan.

Nah, itu dia tadi penjelasan mengenai formasi data scientist yang kemungkinan akan dibuka pada CPNS 2023 mendatang. Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk mendalami bidang yang masa depannya cukup menjanjikan ini?

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI