Momen KA Brantas Tabrak Truk Bikin Geger, Adakah Posisi Kursi yang Aman saat Naik Kereta Api?

Ilustrasi duduk di kereta api (Sumber : Pixabay)

INFOSEMARANG - Publik belakangan masih dihantui peristiwa KA Brantas yang beberapa waktu lalu menabrak truk kontainer di perlintasan kereta api Semarang, Jawa Tengah.

Lantas, usai video viral tersebut tidak sedikit warga masyarakat yang khawatir dan bertanya-tanya perihal keamanan saat naik kereta api.

Beberapa waktu lalu, seperti kita ketahui pada Selasa 18 Juli viral video tabrakan antara kereta api dengan truk tronton di Semarang.

Baca Juga: Ini Video Evakuasi Lokomotif Kereta Api Tabrak Truk di Semarang

Truk tronton yang mengalami macet di perlintasan kereta api tentu saja langsung tertabrak KA Brantas rute Pasar Senen Jakarta-Blitar.

Detik-detik saat kereta menabrak truk tronton cukup mmbuat publik terkejut sebab menimbulkan ledakan dengan api cukup besar.

Tidak ada korban jiwa di dalam peristiwa tersebut, namun sang masinis dan kru kereta yang mengalami luka bakar lantas dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Dikutip dari laman Insider, sebenarnya ada posisi kursi yang aman saat naik kereta api dan bisa dipilih guna meminimalisir guncangan ketika kendaraan melakukan pengereman mendadak.

Baca Juga: Publik Sempat Salahkan Sopir Truk Terobos Palang Kereta Api, Ternyata Ini Bukti CCTV yang Sebenarnya

Disebutkan bahwa penumpang kereta api bisa memilih gerbong bagian tengah dari rangkaian kereta api.

Penumpang yang duduk di kursi tersebut, diprediksi mampu menempatkan seseorang dari titik terdekat tabrakan.

Gerbong bagian depan dan belakang kereta juga disebutkan lebih berisiko ketika kereta api mengalami masalah hingga rodanya keluar dari jalur rel.

Usahakan pula, memilih kursi yang melawan arah laju jalannya kereta atau lebih mudahnya menghadap ke belakang.

Baca Juga: Beredar Video Kondisi Terkini Lintasan Kereta Api Pasca KA 112 Brantas Bertabrakan dengan Truk

Memang sekilas terdengar tidak nyaman dan cenderung pusing, namun ternyata saat kereta api melakukan pengereman mendadak hal ini akan sangat membantu.

Penumpang kereta api yang memilih bangku ini saat ada kondisi mengerem mendadak tidak akan terpental ke depan dan hanya akan terpojok di tempat duduk.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) dihimpun dari berbagai sumber telah berhasil melakukan evakuasi dan jalur yang menjadi lokasi tabrakan KA Brantas dengan truk telah normal kembali dan bisa dilalui.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI