Basarnas dan Tim Gabungan SAR Lakukan Teknik Ini untuk Evakuasi 8 Penambang Emas di Banyumas yang Terjebak

Ilustrasi pertambangan (Sumber : Pixabay)

INFOSEMARANG - Kemarin, Rabu (26/7/2023) sebanyak 8 penambang emas di Banyumas dikabarkan terjebak di kedalaman lebih dari 20 meter dalam waktu cukup lama.

Kedelapan pekerja tersebut terjebak ketika sedang melakukan pekerjaan di Desa Pancurendang, Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah yang memang menjadi lokasi penambangan emas.

Kronologi kejadian terjebaknya 8 penambang emas ini bermula sejak pagi hari.

Baca Juga: 8 Penambang di Banyumas Sempat Diingatkan agar Cepat Keluar, Kini Masih Terjebak di Tambang Emas Kedalaman 20 Meter

Sejak pukul 07.00 WIB, ternyata kedelapan penambang emas tersebut sudah terjebak di dalam lubang galian sedalam lebih dari 20 meter.

Kombes Edy Siranta Sitepu selaku Kapolresta Banyumas juga telah menyampaikan jika pihaknya bersama Basarnas dan BPBD Banyumas tengah berupaya melakukan evakuasi terhadap kedelapan penambang tadi.

"Kami sedang melakukan upaya evakuasi pekerja yang terjebak," ungkap Edy.

Tak hanya itu saja, sukarelawan dari beberapa organisasi, kemudian TNI serta polisi juga berada di lokasi untuk memberikan bantuan.

Baca Juga: Kronologi dan Kondisi Terkini 8 Penambang yang Terjebak di Tambang Emas Ilegal Banyumas

Pihak Basarnas sendiri dengan tim SAR gabungan melakukan berbagai upaya evakuasi termasuk penyedotan air pada lubang galian.

Dihimpun dari berbagai sumber, muncul dugaan jika peristiwa tersebut terjadi akibat sumur di lokasi tambang yang mengalami kebocoran.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI