Siap Mudik Lebaran Pakai Kendaraan Pribadi? Simak Dulu Tips Cek Kondisi Ban Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

Kondisi ban mobil sebelum perjalanan mudik lebaran harus dicek dengan benar (Sumber : instagram)

INFOSEMARANG.COM - Melakukan perjalanan mudik lebaran dengan mengemudi kendaraan sendiri harus dikondisikan dengan benar.

Mengecek kondisi mesin hingga kekuatan ban mobil harus menjadi fokus penting sebelum mulai perjalanan mudik.

Presiden Direktur Bridgestone Indonesia Mukiat Sutikno mengatakan bahwa kondisi ban mobil yang prima akan berperan besar dalam perjalanan mudik lebaran.

Baca Juga: Keren Banget! Ini Spesifikasi Redmi Note 12 Turbo Edisi Harry Potter, Kapan Rilis di Indonesia?

"Untuk itu, kami mengajak seluruh pengguna kendaraan pribadi agar melakukan pengecekan ban sehingga berkendara menjadi lebih aman karena kondisi ban mobil yang prima dapat mengurangi potensi timbulnya masalah saat perjalanan mudik," kata Mukiat dilansir dari Republika pada Jumat, 14 April 2023.

Untuk itu, Bridgestone Indonesia membagikan tips cara mengecek kondisi ban mobil jelang melakukan perjalanan mudik lebaran.

1. Tekanan ban yang sesuai

Memastikan tekanan angin ban yang tepat sangatlah penting. Tekanan yang terlalu rendah dapat membuat pengendali mobil menjadi limbung pada kecepatan tinggi, serta mengurangi efisiensi BBM ketika berkendara.

Baca Juga: Info Mudik Lebaran 2023: Titik Lokasi Rest Area, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik, dan Toilet Mobile, Catat Sebelum Berangkat!

Sebaliknya, tekanan yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan ban terasa lebih keras serta aus lebih cepat pada bagian tengah.

Periksalah tekanan angin ban menjelang perjalanan mudik dan pastikan sesuai dengan rekomendasi produsen kendaraan, yang dapat dilihat pada label yang ditempelkan di pilar pintu pengemudi atau buku manual kendaraan.

2. Ban dalam kondisi prima

Jika melihat adanya tanda-tanda kerusakan ban mobil seperti tapak yang mulai aus, timbul keretakan maupun benjolan pada dinding ban, serta sudah terlalu banyak tambalan akibat ban bocor, itubisa jadi merupakan tanda-tanda ban perlu diganti.

Bila kerusakan-kerusakan itu terjadi, memaksakan berkendara dengan kondisi ban mobil tidak prima dapat meningkatkan resiko terjadinya hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Baca Juga: Nonton Taxi Driver 2 Episode 15, Jadwal Tayang Sinopsi dan Link Nonton Sub Indo

3. Rotasi ban

Melakukan rotasi ban adalah salah satu solusi merawat ban mobil agar perjalanan mudik lebaran lebih aman dan nyaman.

Rotasi ban  mobil memang disarankan untuk dilakukan secara rutin dengan jarak tertentu untuk menghindari terjadinya tingkat keausan ban yang tidak merata, yakni antara ban depan, belakang, maupun sisi kiri, dan kanan sehingga dapat memperpanjang usia pakai dari ban tersebut.

Biasanya, ban depan mobil lebih rentan mengalami gesekan dan bisa lebih cepat tipis jika tidak dirotasi secara berkala.

Baca Juga: Tanggapi Video Viral Bima, Wagub Lampung: Gak Tepat Kalau Gak Kerja Sama Sekali

Jadi, harap diingat ya, melakukan perjalanan mudik lebaran ke kampung halaman harus ditunjang dengan kondisi ban mobil yang memadai.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI