Seleksi CASN 2023 Bakal Dibuka untuk Umum, Ini 3 Formasi Prioritas, Jurusanmu Termasuk?

CASN 2023 bakal dibuka untuk umum, ketahui tiga formasi prioritasnya. (Sumber : instagram @biropegkejaksaan)

INFOSEMARANG.COM -- Kabar baik untuk seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2023. Seleksi kali ini bakal dibuka untuk umum.

Gak hanya dari jalur sekolah kedinasan aja, tapi semua orang berpeluang buat ikutan. Tertarik ikut kan?

“Seleksi tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas beberapa waktu lalu.

Bukan cuma itu, ternyata ada tiga formasi prioritas yang jadi sorotan dalam seleksi CASN tahun ini. Apa aja sih? Langsung simak yuk!

1. Pemenuhan Kebutuhan Tenaga Kesehatan dan Pendidikan

Bukan rahasia lagi, dunia kesehatan dan pendidikan adalah dua hal yang sangat penting. Oleh karena itu, pemerintah memberi prioritas besar buat memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan dan pendidikan di negara kita.

Jadi, buat kamu yang berminat dan berkompeten di bidang ini, ada kesempatan emas untuk bergabung menjadi aparatur sipil negara. Ayo, persiapkan diri dengan baik!

Baca Juga: Kawasaki Perkenalkan Ninja ZX-10R dan Ninja ZX-10RR Model 2024, Mesin Tangguh dan Desain Baru yang Menarik

2. Fokus pada Talenta Digital

Di masa sekerang kehadiran talenta digital itu sangat berharga. Pemerintah juga gak mau ketinggalan. Mereka pun memberi prioritas buat mencari dan merekrut talenta digital yang berbakat.

Kalo kamu punya skill di bidang teknologi dan informasi, inilah kesempatan bagus buatmu.

Ajang seleksi CASN 2023 bisa jadi tiketmu buat berkiprah di pemerintahan dan berkontribusi dalam transformasi digital.

"Pemerintah juga memberi prioritas kepada talenta digital sebagai bentuk transformasi digital yang kini sedang dijalankan dalam kerangka arsitektur SPBE (Sistem Pemerintah Berbasi Elektronik),” katanya.

3. Formasi Lain yang Tak Kalah Menarik

Gak hanya itu, masih ada formasi lain yang gak kalah menarik dan bakal dibuka dalam seleksi kali ini. Ada hakim, jaksa, dosen, dan tenaga teknis lainnya.

Kamu yang punya pendidikan di bidang hukum, pendidikan tinggi, atau teknis tertentu, kesempatan buat gabung jadi ASN juga terbuka lebar. Buruan persiapkan diri dan pilih formasi yang sesuai dengan minat dan bakatmu.

Baca Juga: BREAKING NEWS: Jisoo BLACKPINK Terciduk Dispatch, Terkonfirmasi Pacaran dengan Aktor Ahn Bo Hyun, Plot Twist!

Proses Seleksi dan Persiapan

Sekarang kamu pasti penasaran, kan, gimana sih proses seleksi CASN tahun ini? Nah, perlu kamu tahu bahwa semua instansi pemerintah sedang berproses dalam tahapan persiapan pengusulan formasi.

Mereka sedang menentukan kebutuhan ASN untuk tahun 2023. Setelah itu, formasi akan ditetapkan dengan memperhatikan pertimbangan teknis dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan juga pendapat dari Menteri Keuangan.

Jadi, buat kamu yang berminat jadi ASN, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Pertama, pastikan instansi masing-masing sudah mendata dan mengusulkan kebutuhan ASN untuk tahun depan.

Kedua, ikuti proses seleksi dengan sungguh-sungguh. Kamu punya kesempatan buat bersinar dan menunjukkan potensimu!

Arah Kebijakan Pengadaan ASN

Dalam pengadaan ASN tahun 2023, ada empat arah kebijakan yang menjadi fokus pemerintah. Pertama, pelayanan dasar akan jadi prioritas utama.

Baca Juga: Tak Lagi Jadi Camat Gajahmungkur, Publik Curiga Ade Bhakti Dimutasi Gegara Konten Nasi Goreng

Gak kalah pentingnya, kebijakan ini akan memberikan kesempatan besar bagi talenta digital. Jadi, buatmu yang bergerak di dunia teknologi, peluang emas ada di depan mata!

Kedua, pemerintah akan merekrut CASN secara selektif. Maksudnya, proses seleksinya bakal ketat dan hanya yang terbaik yang akan dipilih. Tapi jangan khawatir, kamu pasti bisa kalau sudah persiapan dengan matang!

Ketiga, pemerintah juga berencana mengurangi rekrutmen jabatan yang mungkin akan terdampak oleh perkembangan digital.

Karena itu, mereka sedang menganalisis dengan cermat agar bisa beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan dunia digital.

Terakhir, jangan lupa bahwa dunia digital itu bergerak cepat. Oleh karena itu, pemerintah pun harus tetap cepat dalam beradaptasi.

Nah, itulah cuplikan tentang seleksi CASN 2023 dan tiga formasi prioritasnya. Semoga informasi ini bermanfaat buatmu yang berminat jadi aparatur sipil negara. Good luck!***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI